get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Mengenal Ilmu Lingkungan, Ini Pandangan Dr. Rimun Wibowo Pakar Ilmu Lingkungan UIKA Bogor

Kamis, 19 September 2024 | 15:02 WIB
header img
Dr. Rimun Wibowo, Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan, Fakultas Teknik dan Sain, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

BOGOR, iNewsBogor.id  – Isu lingkungan kini kerap menjadi topik utama perbincangan dibahas diberbagai forum regional maupun internasional. Amatlah wajar jika Ilmu Lingkungan kini semakin populer dan telah menjadi bidang studi sekaligus kajian khusus di berbagai perguruan tinggi. Pasalnya, lingkungan memegang peran penting dalam menjaga keberlanjutan kehidupan di Bumi. 

Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan, Fakultas Teknik dan Sain, Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Dr. Rimun Wibowo mengatakan bahwa ilmu lingkungan bukan hanya sekadar studi tentang alam, tetapi lebih dari itu, ini adalah disiplin ilmu yang mempelajari keterhubungan antara manusia, makhluk hidup lain, dan komponen-komponen tak hidup di alam.

“Ilmu lingkungan adalah kajian yang mencakup semua yang ada di sekitar kita, termasuk energi dari matahari, udara, air, tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Semua ini terhubung dan saling memengaruhi satu sama lain,” tutur Dr. Rimun, pada iNewsBogor.id, Kamis (19/9/2024).

Lebih lanjut, menurut Dr. Rimun, ilmu lingkungan meruoakan studi lintas disiplin yang bertujuan untuk memahami bagaimana alam bekerja, bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan, dan bagaimana manusia dapat hidup lebih berkelanjutan.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut