get app
inews
Aa Read Next : Kampanye di Ciseeng Cabup-Cawabup Bogor Nomor Urut 1 Janji Naikkan Insentif Para Guru Ngaji

Aspirasi Disabilitas, Harapan di Pilkada Bogor

Senin, 07 Oktober 2024 | 10:28 WIB
header img
Cawalkot Bogor Rena Da Frina dan Teddy Risandi dengar aspirasi penyandang disabilitas. Foto: iNewsBogor.id/ Istimewa

Sementara itu, salah satu penyandang tuna netra yang hadir turut menyampaikan aspirasi terkait implementasi Perda Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Penyandang Disabilitas.

“Hanya saja, peraturan wali kota (perwali) sebagai payung hukum turunan belum ada. Harapan kami, nantinya perwali tersebut dapat dibuat oleh Bu Rena dan Pak Teddy Risandi jika terpilih. Selain itu, kebijakan untuk penyandang disabilitas harus lebih dioptimalkan dan disempurnakan lagi,” ujar salah satu peserta pertemuan.

Menanggapi masukan dari para penyandang disabilitas, Rena mengakui bahwa beberapa tempat di Kota Bogor memang belum menunjukkan keberpihakan terhadap penyandang disabilitas, terutama dari segi infrastruktur seperti trotoar yang masih sempit. Padahal, menurut Rena, pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk menyediakan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas

“Sebagaimana diatur dalam beberapa pasal dalam Undang-Undang Penyandang Disabilitas, pemerintah pusat maupun daerah wajib menyediakan fasilitas pada bangunan umum, taman, permakaman, jalan, angkutan umum, perpustakaan, dan sebagainya yang mudah diakses, digunakan, dan dimanfaatkan oleh penyandang disabilitas,” jelas Rena.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut