get app
inews
Aa Read Next : Inspirasi Kegembiraan Islami: 10 Ide Permainan Seru untuk Pesantren Kilat

Beginilah Islam Menjamin Kehidupan Beragama di Era Umar dan Shalahuddin 

Kamis, 10 Maret 2022 | 13:46 WIB
header img
Kitab suci umat Islam, Al-Quran.(Foto:Ist)

Umar bin Khattab dan Shalahuddin al Ayyubi merupakan dua sosok agung yang sangat lekat dalam memori umat Islam. Kebesarannya bukan hanya diakui umat Islam, bahkan non Islam.

Dua sisi kepahlawanan yang begitu melekat di benak umat Islam dari dua sosok ini adalah pembebasan  Baitul Maqdis serta toleransi yang begitu tinggi menjamin kehidupan beragama umat lain. Berikut faktanya.

Era Umar bin Khattab

Pada tahun 15 H / 636 M, disaksikan oleh Khalid bin Walid, Amru bin Ash, Abdurrahman bin ‘Auf dan Mu’awiyah bin Abi Sufyan radhiyallahu ‘anhum, perjanjian agung yang diinisiasi oleh Umar bin Khattab r.a. (w. 644 M) di Bumi Baitul Maqdis menorehkan sejarah baru bagi kerukunan umat beragama. Pasalnya, pada momentum sangat bersejarah ini, Khalifah Kedua ini membuat perjanjian yang dikenal dengan Perjanjian Elia.

Bagi yang memperhatikan dan menelaah secara saksama kandungan perjanjian ini, maka tidak akan terbantahkan bahwa di dalamnya mengandung jaminan keamanan bagi pemeluk agama.

Perjanjian ini berisi jaminan keamanan bagi penduduk Elia. Keamanan menyangkut jiwa, harta, gereja, salib, orang lemah, orang merdeka, dan semua agama. Gereja dilindungi. Tidak akan dirusak, dikurangi, bahkan dipindahkan. Termasuk salib dan harta mereka juga dilindungi.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut