get app
inews
Aa Read Next : JakCloth Ramadhan di Bogor Bagi-bagi Voucher Buat Belanja di Ramayana, Catat Lokasinya

Ini Tips Berpuasa Bagi Kalangan Lansia, Dapat Dipraktekkan Juga Oleh Non Lansia

Sabtu, 26 Maret 2022 | 16:37 WIB
header img
Mesjid. FOTO: ilustrasi/ist

BOGOR - Tanpa terasa dalam hitungan hari kedepan Bulan Suci Ramadhan akan segera tiba. Ramadhan tentu identik dengan kewajiban berpuasa khususnya bagi umat Islam. 

Nah, bagi sebagian kalangan terutama lanjut usia, secara fisik berpuasa tentu menjadi tantangan tersendiri.

Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mempublikasikan tips berpuasa bagi kalangan lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan bisa dipraktekan juga oleh kalangan non lansia demi menjaga kebugaran tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya selama Ramadhan.

Berikut tips nya :

Saat sahur usahakan untuk membatasi asupan teh dan kopi. Pasalnya, dua asupan tersebut membuat metabolisme berjalan cepat. Sehingga cepat mendatangkan rasa haus meski tak terdehidrasi.

Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lambat dicerna dan memiliki serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah.

Saat berbuka puasa dianjurkan untuk mengonsumsi kurma karena mengandung gula serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Dengan kurma, kebutuhan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa perlahan dipenuhi.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut