get app
inews
Aa Read Next : Tumpukan Sampah Membendung Sungai Cikeas Bogor, Pasukan Katak Oranye Dikerahkan

Mengenal Lebih Dekat Komando Pasukan Katak TNI AL, Korps Elit yang Disegani Dunia

Selasa, 05 April 2022 | 13:20 WIB
header img
Kopaska pasukan elit TNI AL.FOTO: Ist

BOGOR - Sebagai garda terdepan yang menjaga serta melindungi keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Tentara Nasional Indonesia (TNI) pasti memiliki keunggulan tersendiri. Dalam setiap sub atau kesatuan, mereka selalu dilatih cara-cara mengenai kepemimpinan, kedisiplinan, dedikasi untuk negeri, teknik bertahan hidup, dan lain-lain.

Dari setiap satuan biasanya memiliki sebuah pasukan elite yang memikul tugas dan tanggung jawab lebih besar dari pasukan-pasukan yang lain. Pasukan elite ini berasal dari tiga matra, yaitu angkatan darat, angkatan laut, serta angkatan udara yang mempunyai spesifikasi mumpuni, pertahanan yang kuat, serta mampu mempertahankan keutuhan negara dengan nilai-nilai yang berlandaskan konstitusi.

Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI Angkatan Laut menjadi salah satu korps elit yang disegani dunia. Tidak sembarang orang bisa masuk satuan khusus yang didirikan 31 Maret 1962 ini.

Dibutuhkan mental dan fisik yang sangat kuat untuk bisa masuk Kopaska. Bahkan banyak prajurit yang tidak berhasil saat menjalani ujian masuk Kopaska.

Fase latihan pertama Kopaska selama 1,5 bulan biasa disebut Hell Week atau Minggu Neraka. Latihan ini sangat menguras pikiran dan tenaga karena para siswa baik Perwira, Bintara dan Tamtama digojlok tanpa pandang pangkat.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut