get app
inews
Aa Read Next : Jelang Porprov Jabar 2026, KONI Kota Bogor Memulai Test Fisik dan Cek Kesehatan Atlet

Begini Cara Mencegah Keputihan Pada Alat Vital Wanita

Selasa, 05 April 2022 | 22:22 WIB
header img
Foto: ilustrasi

Keputihan atau vaginal discharge adalah cairan atau lendir yang keluar dari vagina. Lendir ini berfungsi untuk membawa keluar sel-sel mati dan kuman dari dalam tubuh, sehingga vagina tetap bersih dan terlindungi dari iritasi atau infeksi.

Keputihan merupakan hal normal yang dapat dialami setiap wanita. Namun, keputihan yang berbahaya bisa saja terjadi karena cara merawat organ intim yang kurang tepat atau bahkan menjadi tanda adanya suatu penyakit pada organ intim.

Meski sebetulnya hal yang normal, keputihan bisa saja menjadi tanda adanya suatu penyakit, terutama jika keputihan disertai keluhan lain, seperti vagina gatal atau nyeri. Kondisi ini bisa disebabkan oleh cara merawat organ intim yang salah atau keberadaan suatu penyakit, misalnya penyakit menular seksual.

Keputihan normal memiliki ciri-ciri dan karakteristik sebagai berikut:

  1. Berwarna bening atau sedikit putih menyerupai putih telur mentah.
  2. Teksturnya encer atau sedikit kental dan lengket.
  3. Tidak berbau.
  4. Tidak menimbulkan rasa gatal atau nyeri.
  5. Berwarna putih pekat atau sedikit kecoklatan. Keputihan seperti ini biasanya menandakan bahwa tubuh wanita sudah mendekati waktu menstruasi.

Keputihan normal merupakan keputihan yang paling sering terjadi dan bisa dialami oleh semua wanita, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hanya saja, jumlah, warna, dan konsistensi cairan keputihan yang keluar dapat berbeda-beda.

Berubahnya ciri-ciri keputihan normal wanita dapat dipengaruhi oleh proses menyusui, ovulasi, efek samping penggunaan pil KB, banyak berolahraga, stres, atau rangsangan seksual.

Tanda-Tanda Keputihan Abnormal yang Perlu Diwaspadai

Keputihan yang tidak normal biasanya akan membuat wanita merasa terganggu akibat munculnya gejala-gejala tertentu. Berikut ini adalah ciri-ciri keputihan abnormal yang perlu diperhatikan:

  1. Berbau tidak sedap (misalnya bau busuk atau amis) dan menyengat.
  2. Jumlahnya meningkat secara tiba-tiba tidak seperti biasanya.
  3. Disertai gatal 
  4. Perubahan warna seperti merah, hijau tanda ada nya infeksi.

Cara Mencegah Keputihan Abnormal

Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengurangi risiko keputihan abnormal, antara lain:

  1. Gunakan celana dalam berbahan katun, karena dapat menyerap keringat dan menjaga kelembapan area kewanitaan.
  2. Bersihkan area dengan menggunakan air hangat. Jangan menggunakan sabun ataupun pembersih kewanitaan. Setelah itu, keringkan vagina dari arah vagina menuju anus untuk menghindari perpindahan bakteri dari anus ke vagina.
  3. Hindari menggunakan celana yang terlalu ketat.
  4. Hindari menggunakan produk pembersih vagina atau sabun yang mengandung pewangi. Hal ini karena penggunaan produk tersebut dapat membasmi bakteri baik di vagina yang berfungsi untuk melindungi vagina dari infeksi.
  5. Hindari berendam atau mandi dengan air panas terlalu lama dan sering.
  6. Segera ganti pakaian dalam atau celana ketika basah, misalnya ketika banyak berkeringat atau setelah berenang.
  7. Ganti pembalut secara rutin selama menstruasi.
  8. Agar terhindar dari penyakit yang dapat menyebabkan keputihan tidak normal, Anda juga disarankan untuk menggunakan kondom saat berhubungan intim dan hindari berhubungan intim dengan lebih dari satu pasangan.

Jika keputihan dirasa tidak mengganggu atau mengarah pada keputihan normal, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun, apabila keputihan disertai gejala lain yang menandakan keputihan abnormal, maka Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu penyebabnya. Setelah penyebabnya diketahui, barulah dokter dapat menentukan pengobatan yang sesuai untuk mengatasi keputihan tersebut.

Semoga membantu sobat iNewsbogor.id ya!

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut