get app
inews
Aa Read Next : Optimisme Michael Carrick, Man United bakal Menang di Kandang Chelsea

Bukan Jurgen Klopp, Ini Satu-satunya Orang yang Pernah Taklukkan Unai Emery

Kamis, 27 Mei 2021 | 10:51 WIB
header img
Pelatih Villareal Unai Emery (Foter)

BogorRaya, iNews.id - Pelatih Villareal, Unai Emery baru saja mengantarkan timnya menjuarai Liga Europa musim 2020/21. Ini menjadi gelar Liga Europa keempat Emery bersama dua klub berbeda. Tiga gelar sebelumnya dimenangi Emery bersama Sevilla secara beruntun.  

Di partai final, Villareal  mengalahkan Manchester United (MU) lewat drama adu penalti di Stadion Mejski, Gdansk, Polandia, Kamis (27/5/2021) dinihari. 

Gerard Moreno membawa Villareal memimpin di menit ke-29 sebelum striker anyar MU, Edinson Cavani menyeimbangkan kedudukan di menit ke-55. Skor imbang 1-1 bertahan hingga perpanjangan waktu sehingga pemenang harus ditentukan lewat drama adu penalti. 

Sebelas penendang Villareal termasuk Kiper Villareal Geronimo Rulli sukses menjebol gawang David De Gea. Sementara dari sebelas eksekutor MU, hanya De Gea yang gagal mencetak gol setelah tendangannya ditepis Rulli. Skor akhir adu penalti 11-10 untuk kemenangan Kapal Selam Kuning atas Setan Merah. 

Gelar ini semakin menguatkan Emery sebagai Raja Liga Europa. Total Emery telah lima kali mengantarkan timnya ke final Liga Europa bersama tiga tim berbeda. Ketiga tim itu Sevilla tiga kali serta Arsenal dan Villareal masing-masing satu kali. Dari lima laga final itu, Emery memenangi empat trofi atau hanya sekali kalah. 

Di final Liga Europa, Emery telah beradu taktik dengan lima pelatih/manajer berbeda. Hasilnya pelatih asal Spanyol itu menang empat kali termasuk atas Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer

Berikut nama pelatih/manajer yang telah dihadapi Emery di final Liga Europa sebelum Solskjaer:

1. Jorge Jesus (Benfica)
Unai Emery berhadapan dengan pelatih Benfica, Jorge Jesus saat memimpin Sevilla di final Liga Europa 2013/14. Pada laga yang digelar di Juventus Stadium, Turin, Italia, Sevilla bermain imbang tanpa gol hingga perpanjangan waktu. Skuat Emery akhirnya memastikan gelar juara lewat adu penalti dengan skor akhir 4-2. 

2. Myron Markevych (Dnipro Dnipropetrovsk)

Di musim berikutnya Unai Emery untuk kedua kalinya meloloskan Sevilla ke final Liga Europa musim 2014/15. Kali ini lawan Sevilla adalah klub Ukraina, Dnipro Dnipropetrovsk yang dinahkodai pelatih Myron Markevych.  Laga yang digelar di Stadion Nasional, Warsawa, Polandia.  dimenangi skuat Emery dengan skor 3-2.  

3. Jurgen Klopp (Liverpool) 
Manajer Liverpool Jurgen Klopp harus mengakui keunggulan Unai Emery pada laga final Liga Europa musim 2015/16. Laga kontra Liverpool menjadi final ketiga Emery secara beruntun bersama Sevila. Hasilnya Emery kembali mengantarkan timnya mengangkat trofi usai mengalahkan Liverpool 3-1 di St. Jakob-Park, Swiss.  

4. Maurizio Sarri (Chelsea) 
Saat ini Maurizio Sarri menjadi satu-satunya orang yang telah mengalahkan Unai Emery di final Liga Europa. Sarri yang saat itu menangani Chelsea mengalahkan Arsenal-nya Emery 4-1 di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan. 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut