Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Danau Situ Gede Seusai Direvitalisasi, Bikin Pangling

Ifan Jafar Siddik
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil resmikan danau Situ Gede di Kota Bogor. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Situ Gede adalah nama sebuah danau (situ atau setu berarti telaga, gede berarti besar) yang terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. Danau di tepi hutan Dramaga itu tepatnya berada dikawasan hutan penelitian milik Badan Litbang Kehutanan, Departemen Kehutanan yang juga sebagai pengelola kawasan hutan konservasi yang sudah dikelola sebagai objek wisata domestik.

Sebagai salah satu destinasi wisata berada pada aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat itu dibangun dan dipercantik dengan mengeluarkan anggaran Rp7 miliar sebagai bentuk pengembangan ekowisata yang menjadikan danau Situ Gede kini kian kental dengan nuansa eksotis.

Wajah baru danau Situ Gede seluas 4,2 hektare itu diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Kamis, (19/01).

"Silakan manfaatkan Situ Gede yang sudah (direvitalisasi dengan anggaran, red) Rp 7 miliar direvitalisasi oleh provinsi, untuk peningkatan ekonomi wisata," tutur Ridwan Kamil.

Setelah di revitalisasi, kini wajah baru Situ Gede diharapkan semakin berpotensi untuk menarik dan menambah para wisatawan dengan berbagai sarana rekreasi yang tersedia, seperti  wahana air, jogging track dan tempat istirahat hingga warung-warung kuliner yang tersedia di seputaran danau dan dapat memberikan kemaslahatan untuk masyarakat.

"Ke depan bisa ditambah sesuai kebutuhan, tempat ini istimewa dan tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena orang ke kota Bogor pasti niatnya kuliner dan pariwisata. Saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang padat memiliki danau yang istimewa ini," paparnya.


Danau Situ Gede seusai direvitalisasi, bikin pangling. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

Politisi Golkar itu juga berpesan kepada Wali Kota Bogor untuk memberdayakan sekaligus mendongkrak potensi wisata yang ada di Situ Gede.

"Titip ke pak wali, aktivasi, ramaikan kegiatan Agustusan, Cap Go Meh apa yang berhubungan dengan air perahu naga dan lainnya. Saya kira akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa berbasis air," ucapnya.

"Titip juga kebersihan dan ketertiban, dan kepada warga sampaikan tahun terakhir saya sebagai Gubernur Jabar kurang lebihnya mohon maaf, tapi terus dimana ada kesempatan saya terus membangun kota Bogor sesuai aspirasi masyarakat dan pak wali," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jabar, Dicky Ahmad Sidik menambahkan dengan penataan yang dilakukan, Pemprov Jabar meyakini kawasan tersebut bisa meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung.

Ia menilai lokasi Situ Gede ini dekat dengan kawasan perkotaan, kawasan pendidikan seperti IPB University dan aksesnya juga mudah dijangkau.

Menurutnya, Situ Gede merupakan interkoneksi dari situ-situ sekitarnya yang berada di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Di antaranya Situ Leutik, Situ Panjang dan Situ Burung, sehingga pengembangan kawasan Situ Gede merupakan upaya Konservasi Sumber Daya Air dan pengendali banjir.

"Adapun ruang lingkup pekerjaan tahun anggaran 2021 di tempat ini meliputi, Pekerjaan Persiapan, Area Parkir, Pedestrian, Plaza, Jogging Track, Gerbang, Landscape, Selter, Toilet, Mushola, Selfie Spot, Bidang Sumber Daya Air (Perbaikan Tanggul Situ dan Pengerukan/Normalisasi Situ Gede)," pungkasnya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network