Pengurus Ormawa FISIPKOM UNIDA Dilantik Guna Meningkatkan Kualitas Mahasiswa

Ifan Jafar Siddik
Pelantikan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Periode 2022-2023 Universitas Djuanda Bogor. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) menggelar acara pengukuhan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) 2022-2023 pada Kamis (23/2/2023) di lobby Gedung C, kampus UNIDA.

FISIPKOM Ormawa yang ditunjuk antara lain Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FISIPKOM, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIPKOM, Himpunan Mahasiswa Administrasi Negara (HIMA-AP), Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HIMAKOM), Himpunan Mahasiswa Ilmu Komputer (HIMASTER), dan Manajemen FUN Radio FISIPKOM UNIDA.

Wakil Rektor I UNIDA Aal Lukmanul Hakim yang juga hadir dalam peresmian tersebut mengatakan, Ormawa merupakan wadah atau wadah untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan menjadi mitra dalam kemajuan guru dan jenjang universitas.

“Keberadaan Ormawa ini bisa menjadi mitra untuk membangun nama universitas maupun fakultas dengan karya, secara intelektual maupun peran sosial di masyarakat. Tetapi yang jauh lebih penting adalah dengan bergabungnya mahasiswa ke dalam organisasi ini, diharapkan bisa meningkatkan prestasi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non akademik,” tutur Aal Lukmanul Hakim saat memberikan sambutan. 

Pada kesempatan yang sama, Dekan FISIPKOM UNIDA Ginung Pratidina memberikan arahan kepada para pengurus Ormawa yang baru dilantik untuk dapat membawa perubahan. Dekan Ginung Pratidina juga berpesan agar setiap Ormawa dapat saling menjaga hubungan yang baik dan harmonis sesama Ormawa internal maupun eksternal FISIPKOM. 

“Alhamdulillah kita sudah melaksanakan pelantikan Ormawa periode 2022-2023. Para pengurus baru sudah memiliki legalitas untuk melaksanakan program-programnya. Menggaris bawahi sambutan dari Pak Wakil Rektor tadi bahwasanya sebagai mahasiswa harus bisa membawa perubahan. Jadi tidak hanya sebagai social control organisasi di luar, juga harus menjadi social control di dalam. Artinya, sesama Ormawa tidak boleh saling menimbulkan konflik. Kemudian eksternal di luar fakultas juga harus dijaga,” ungkap Ginung Pratidina.

Dekan Ginung juga berharap agar antara Ormawa dengan dengan fakultas ini bisa saling merangkul. 

"Jadi kita sama-sama mengemban amanah untuk memajukan fakultas kita tercinta. silih asah, silih asih, silih asuh,” katanya. 

M. Fatkhul Hidayat, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dalam rapat usai pengukuhan mengungkapkan pihaknya akan segera mengambil tindakan dan bekerjasama dengan seluruh pengurus, himpunan mahasiswa dan Fun Radio untuk peningkatan kapasitas mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat.

"Untuk program besar BEM FISIPKOM sendiri ada yang sifatnya jangka panjang seperti LDKM, Kaderisasi, dan Pengabdian Masyarakat khususnya di Desa Cikoneng. Kemudian terdapat beberapa program kerja lainya seperti Choaching class yang memiliki acara puncak berupa VIVACE, dan FISIPKOM Berlaga dengan mekanisme atau konsep yang baru.

Kemudian untuk rencana lainnya kami akan mengupayakan untuk diadakanya Badan Usaha Milik Mahasiswa (BUMM) yang berkolaborasi dengan seluruh himpunan jurusan, dengan sistem menyerupai pengelolaan BUMN.

Gubernur Fatkhul juga menambahkan bahwa ormawa FISIPKOM akan berupaya untuk berdiskusi dan melakukan kajian bersama dengan mahasiswa FISIPKOM secara komprehensif pada tahun-tahun politik ini.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Dekan Akademik Irma Purnamasari, Wakil Dekan Nonakademik merangkap Kepala Program Studi Sains Komunikasi Maria Fitriah, Kepala Program Studi Administrasi Publik Faisal Tri Ramdani dan Sekretaris Program Studi Sains Komunikasi Desi Hasibyah.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network