Refleksi Sumpah Pemuda: Simbol Harapan itu Bernama Johannes Leimena

Ifan Jafar Siddik
Brian Samosir: Mahasiswa lulusan Teknik Komputer IPB University yang tengah melanjutkan studi di Fakultas Hukum Pakuan University. Foto: Istimewa

’Leimena-Leimena Muda’

Johannes Leimena, sebagai orang yang dianggap Soekarno mijn dominee alias pendetaku ialah satu dari sekian banyak tokoh bersejarah yang memberikan inspirasi kepada generasi pemuda.

Om Yo adalah seseorang yang dapat terlibat dalam gerakan kemerdekaan, politik nasional, pemikir sosial, dan pendidik, tapi tetap membalut komitmen dalam kesederhanaannya.

Kolaborasi lintas generasi yang diperlihatkan Johannes Leimena hadir sebagai contoh nyata pemuda yang dapat bersumbangsih bagi bangsa tanpa pamrih. Tidak hanya melalui karir politiknya, bahkan karir akademis, dan profesionalitasnya.

Leimena adalah bukti konkret seorang yang mewakafkan hidupnya kepada Tanah Air.

Kolaborasi Berkelanjutan

Pemuda adalah bibit peradaban bangsa. Tetap harus dipupuk dan dibimbing. Baik pemuda maupun orang tua saling berbagi tugas tanpa harus mendikte satu sama lain.

Pembelajaran di masa lampau dijadikan sebagai ‘rambu-rambu perjalanan’. Setiap tindakan seyogianya diukur dengan pemikiran dari berbagai zaman. Gap generasi bukan hadir sebagai penghalang apalagi upaya melanggengkan gaya diktatorial antara ‘si ahli’ dengan ‘anak kemarin sore’ melainkan sebagai ruang untuk membangun kolaborasi yang berkelanjutan.

Sejarah hidup Johannes Leimena adalah sumber inspirasi bagi generasi pemuda saat ini.

Sebagaimana Leimena, pemuda masa kini ialah pemimpin masa depan. Pemuda harus mempersiapkan diri untuk mengambil alih peran penting dalam pembangunan dan transformasi masyarakat dan kembali meneruskan tonggak sejarah pada pemuda masa di masa selanjutnya.

Semangat perjuangan dan komitmen terhadap perubahan positif harus diwariskan kepada generasi berikutnya, sehingga bangsa ini dapat terus bergerak maju memberi harapan.

Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023

Hidup Pemuda Indonesia!!

Editor : Ifan Jafar Siddik

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network