Viral, Sopir Truk Pengangkut Material Tambang Demo di Parung Panjang, Macet Parah!

Putra Ramadhani A
Sebuah video yang menjadi viral menampilkan demonstrasi sopir truk pengangkut material tambang di Kecamatan Parung Panjang. Foto: IST

PARUNG PANJANG, iNewsBogor.id - Sebuah video yang menjadi viral menampilkan demonstrasi sopir truk pengangkut material tambang di Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Truk-truk tambang tersebut diparkir di jalan, menyebabkan kemacetan.

Dalam video yang tersebar di media sosial, terlihat deretan truk tambang berjejer di Jalan Raya Parung Panjang karena para sopir melakukan protes terkait jam operasional sejak Jumat malam, 8 Desember 2023.

Kemacetan terus berlanjut sepanjang pagi, menghalangi akses keluar masuk Damkar Sektor Parung Panjang karena masih ada truk-truk yang terparkir di sana.

Dalam video lainnya, para sopir melakukan demonstrasi di depan Kantor Kecamatan Parung Panjang. Mereka membiarkan truk-truk mereka melintang di jalan sebagai bentuk protes, yang juga ikut menyebabkan kemacetan.

Agus Ridho, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, mengecam kejadian ini karena dampaknya yang merugikan masyarakat luas.

"Seharusnya tidak seperti ini. Mengapa? Karena seharusnya kita berunding, mencari solusi, bukan melakukan seperti ini. Hal ini telah merugikan banyak orang, dan bisa berdampak pada tindakan anarkis dan kriminal yang mengganggu ketertiban umum," ujar Agus kepada wartawan pada Sabtu (9/12/2023).

Ada kekhawatiran bahwa demonstrasi tersebut bisa menimbulkan masalah lain. Oleh karena itu, para sopir truk diminta untuk menahan diri sementara pihak berwenang akan mengevaluasi jam operasional truk-truk tambang.

"Kita sudah melakukannya bertahun-tahun. Sekarang, dalam beberapa hari saja, kita bisa menunggu sebentar untuk evaluasi. Melakukan sesuatu secara langsung seperti ini, tidak bisa diterima," tambahnya.

"Kita semua, pemerintah, masyarakat, pengusaha, dan sopir truk, harus seimbang. Saya harap masyarakat dapat memahami dan meminta para sopir truk untuk menahan diri," lanjutnya.

Agus juga menyampaikan bahwa para sopir truk meminta fleksibilitas terkait jam operasional. Pihaknya saat ini sedang berada di lokasi dan akan berkoordinasi dengan instansi terkait.

"Mereka ingin jam operasional diperluas, mulai dari jam 1 hingga 4 sore, agar truk kosong dapat beroperasi. Ini masih dalam perdebatan pro dan kontra," jelasnya.

"Kami telah melakukan uji coba selama seminggu, dan setelah itu akan dilakukan evaluasi. Petugas sudah kami turunkan sejak subuh. Kami juga akan segera berkoordinasi dengan pihak berwenang, termasuk polisi dan TNI," tutupnya.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network