GRAFIS PROYEK PERGANTIAN JEMBATAN OTISTA
Sumber anggaran
- Dana bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Pagu anggaran
- Rp 52.684.200.000
Pemenang tender/lelang
- PT Mina Fajar Abadi
Nilai Kontrak
- Rp 49.066.819.311
Mulai Ditutup
- 1 Mei 2023
Tanggal habis kontrak
- 8 Desember 2023
Perbedaan Jembatan Otista Lama dan baru
Jembatan Lama
- Panjang 35 meter
- Lebar 9 meter
- 2 lajur kendaraan
- 2 jalur pedestrian
- 1 lajur sepeda
Jembatan Baru
- Tidak ada bottleneck
- Panjang 50 meter
- Lebar 17 meter
- 4 lajur kendaraan
- 1 jalur trem
- 2 jalur pedestrian
- 1 jalur sepeda
Garis waktu Proyek Jembatan Otista
Senin, 1 Mei 2023
- Jalan Otista resmi ditutup
Jumat, 5 Mei 2023
- Jembatan Otista mulai dibongkar
Kamis, 1 Juni 2023
- Penggalian fondasi jembatan utama
Senin, 19 Juni 2023
- Membangun jembatan utilitas
Senin, 4 September 2023
- Jembatan utilitas rampung dan utilitas direlokasi
Selasa, 3 September 2023
- Launcher gantry untuk memasang balok girder tiba dan mulai dipasang
Selasa, 24 Oktober 2023
- Pemasangan balok girder perdana
Selasa, 5 Desember 2023
- Jembatan utama rampung diaspal
Sabtu, 9 Desember 2023
- Forkopimda Kota Bogor menggelar rapat koordinasi pembukaan Jembatan Otista
Kamis, 14 Desember 2023
- Pengujian beban dengan kendaraan bertonase tinggi
Minggu, 17 Desember 2023
- Tasyakuran atas selesainya Jembatan Otista
Selasa, 19 Desember 2023
- Jembatan Otista diresmikan dan dibuka sekaligus pemberlakuan kembali SSA
Hasil Uji Beban Jembatan Otista
- Melibatkan vendor khusus
Metode
- Statis dan Dinamis
- Menggunakan 9 Unit dump truck
- Total beban 180 Ton
- Durasi 2-3 jam
Hasil
- Nilai lendutan 24 milimeter
- Nilai tegangan 5 megapascal
Ambang batas
- Nilai lendutan 55 mili meter
- Nilai tegangan 28,8 megapascal
Editor : Furqon Munawar
Artikel Terkait