Selain itu, Martina juga menyinggung pentingnya mempertimbangkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dimana Badan POM sendiri selalu mendapatkan nilai positif dari masyarakat. Birokrat muda ini pun berharap Badan POM terus meningkatkan mutu pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.
"Selanjutnya kita mempertimbangkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang terus meningkat. Pada tahun 2023 kemarin, indeks SKM yang naik ke level 91,62 persen tentu imbas Badan POM yang melakukan perbaikan terus menerus. Tapi SKM ini sifatnya kuantitatif. Hasil survei yang naik terus ini juga berkorelasi dengan peningkatan dari hasil kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan," jelas dia.
Selanjutnya, bagi KemenPAN-RB, pengaduan masyarakat juga menjadi fokus utama dalam perbaikan layanan publik.
"Pengaduan masyarakat juga sangat penting, walaupun terkadang pengaduan ini bersifat negatif, tapi hal ini menjadi unsur-unsur yang sangat penting. Salah satu tujuannya yaitu mendapatkan manfaat dari semua upaya pelayanan ini," tutur Martina.
Melalui forum ini, Badan POM berupaya memastikan bahwa standar pelayanan yang disusun tidak hanya memenuhi kebutuhan regulasi, tetapi juga mampu menjawab tantangan di lapangan serta memperkuat kepercayaan publik terhadap layanan yang diberikan. Selain itu, forum ini menjadi ajang penting bagi pelaku usaha dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan masukan yang konstruktif demi peningkatan kualitas layanan publik di sektor kesehatan.
Editor : Furqon Munawar
Artikel Terkait