Polresta Bogor Kota Bongkar Sindikat Penipuan Berkedok Investasi, Ratusan Juta Rupiah Raib

Ifan Jafar Siddik
Polresta Bogor Kota Ungkap Modus Penipuan Investasi bodong. Foto: iNewsBogor.id/ Ifan Jafar Siddik

Korban Terbujuk Tipu Muslihat

Setelah melihat saldo di ATM, Rusdi menyerahkan kartu ATM kepada Pacik di hadapan korban. Aksi ini dilakukan untuk membujuk korban agar juga memperlihatkan saldo di rekeningnya. Korban yang telah terbujuk, kemudian menunjukkan isi saldonya yang berjumlah Rp 115 juta dan memberikan kartu ATM beserta PIN-nya kepada Pacik.

"Setelah berhasil memperdaya korban, para pelaku menukar kartu ATM korban dengan yang palsu," ungkap Bismo.

Tak lama setelah itu, Rusdi berpura-pura pamit dengan alasan hendak menghadiri rapat. Korban pun diantar kembali ke Hotel Royal Pajajaran tempat ia menginap.

Setelah para pelaku berhasil menukarkan kartu ATM, mereka langsung menguras saldo dalam rekening korban. Akibatnya, korban kehilangan uang sejumlah Rp 115 juta.

Korban Penipuan Capai Empat Orang

Menurut Bismo, hingga saat ini ada empat orang yang melaporkan kasus penipuan dengan modus investasi tersebut. Dari empat korban, total kerugian yang dialami mencapai Rp 344.383.400.

"Penangkapan para pelaku dilakukan berkat petunjuk dari rekaman CCTV di beberapa ruas jalan. Seluruh korban adalah wisatawan yang sedang berlibur di Kota Bogor," tutup Bismo.

Dengan terbongkarnya sindikat penipuan ini, Polresta Bogor Kota terus mengimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap berbagai bentuk penawaran investasi yang tidak jelas, terutama ketika sedang berlibur. Penipuan dengan modus serupa bisa terjadi di mana saja, sehingga kewaspadaan menjadi kunci utama untuk menghindari kerugian.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network