get app
inews
Aa Read Next : Kementerian PUPR Mulai Bangun Rusun untuk Polwan di Polda Papua

KKB Penggal Pendulang Emas di  Lokasi Tambang Ilegal Kawe Awimbon Pegunungan Bintang Papua

Rabu, 20 Juli 2022 | 19:04 WIB
header img
Lokasi pemenggalan kepala terhadap Azis pendulang emas di Pegunungan Bintang, Papua. Foto Bidhumas Polda Papua

PEGUNUNGAN BINTANG, iNewsBogor.id- Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau yang sering disebut Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB OPM) memenggal kepala Aziz seorang pendulang emas di Lokasi Tambang Ilegal Kawe Awimbon, Pegunungan Bintang, Papua, Rabu (20/7/2022).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal membenarkan adanya pembunuhan tersebut.  

“Iya benar, kasus pembunuhan terhadap korban Azis tersebut terjadi di Lokasi Tambang Ilegal Kawe Awinbon.saat ini tengah ditangani Polres Pegunungan Bintang,” ujar Kamal. 

Kombes Pol AM Kamal menjelaskan, dari informasi yang didapat kejadian berawal saat korban sedang menjaga kios bersama temannya. Tiba- tiba, lanjut dia datang beberapa orang tak dikenal dan langsung masuk.

“Dua orang tak dikenal tersebut masuk kedalam kios menanyakan korban sambil memegang parang sedangkan yang lainnya berjaga- jaga diluar,” timpalnya. 

Menurut AM Kamal, saat korban disuruh buka baju oleh orang tak dikenal tersebut, teman korban melarikan diri ke lokasi 96 dan memberitahukan kejadian tersebut kepada masyarakat berada di lokasi 96. 

“Saat ini Polres Pegunungan Bintang masih melakukan kooordinasi untuk menuju ke Lokasi kejadian guna mengevakuasi  jenazah korban” katanya.
 


Klaim TPNPB OPM 

Sementara Manajemen Markas Pusat KOMNAS TPNPB-OPM mengkliam bertanggung jawab terhadap pembunuhan tersebut. Jubir KOMNAS TPNPB-OPM Sebby Sambom mengatakan, pihaknya telah menerima laporan Resmi dari Yahukimo bahwa Pasukan TPNPB dibawah Pimpinan Bocor Sobolim berhasi membunuh seorang Pendulang emas di Korowai pada hari ini Selasa tanggal 19 Juli Tahun 2022, dan pembunuhan telah dilakukan tepat pukul 19.00 Malam Waktu Papua. 


"Hal ini dilaporkan langsung oleh Komandan Bocor Sobolim sendiri melalui pesan electronic kepada saya tepat pukul 10.40 Waktu Papua, dan Bocor Sobolim menyampaikan bahwa mereka bertanggungjawab atas pembunuhan pendulang emas ini," kata Sebby dalam pernyataan tertulis yang diterima iNews . 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut