get app
inews
Aa Read Next : Komunitas Sepeda Weekend Pedalers Kota Bogor, Menyemarakkan Gaya Hidup Sehat dan Berkelanjutan

4 (empat) Cara Mengolah Kentang Agar Tetap Sehat Bagi Tubuh

Rabu, 09 Juni 2021 | 20:09 WIB
header img
Kentang (Foto: Pixabay)

bogor.iNews.id - Kentang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang dengan mudah dapat ditemui di berbagai daerah Indonesia. Selain mudah ditemukan, kentang juga gampang diolah menjadi makanan yang lezat.

Selain lezat, kentang juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, diantaranya serat, kalium, vitamin C dan B6. Selain itu juga ada kandungan karbohidrat, protein, dan antioksidan, sehingga tak jarang kentang dijadikan sebagai pengganti nasi.

Berbagai khasiat kentang juga bermacam-macam. Di antaranya menghindari obesitas, menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, mencegah tekanan darah tinggi, dan baik untuk otot serta otak.

Namun, tahukah anda meskipun kentang bisa menjadi bagian dari makanan sehat, bila cara pengolahan dan penyajiannya kurang tepat bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang ada pada kentang hilang saat proses pengolahan.

Berikut, 4 cara mengolah kentang agar tetap sehat bagi tubuh :

1. Merebus
Cara memasak dengan merebus lebih dianjurkan dari pada menggoreng, karena saat merebus terdapat senyawa kompleks yang dipecah ke dalam bentuk senyawa sederhana sehingga makanan menjadi lebih gampang dicerna tubuh.
Meskipun terlihat mudah, namun ada beberapa cara agar kentang rebus matang secara merata. Pertama, cuci dan bersihkan kentang dari kotoran dengan air mengalir agar kotoran yang menempel cepat menghilang. Kedua, rendam kentang dengan air dingin lalu tambahkan garam ke dalam air rendaman kentang. Ketiga, rebus kentang dalam air mendidih. Kentang yang direbus dalam air mendidih akan cepat matang. keempat, segera angkat dan tiriskan apabila kentang sudah matang.

2. Mengukus
Berbeda dengan cara merebus yang membutuhkan waktu untuk mendidihkan air terlebih dulu, mengukus lebih menghemat waktu. Mengukus kentang tidak akan menghilangkan manfaat dari kentang. Kentang akan tetap lembut dan tetap mengandung nutrisi yang baik.Letakkan wadah datar untuk meletakkan kentang diatas air tersebut, biarkan uapnya yang akan mematangkan dan melembutkan kentang.

3. Memanggang
Tak sulit membuat kentang panggang, namun agar bisa menghasilkan kentang yang tidak terlalu keras anda perlu merebusnya terlebih dahulu. Hal ini agar menghasilkan tekstur yang empuk di bagian dalam. Setelah direbus segera keringkan kentang hingga mencapai suhu kamar. Setelah kering, oleskan sedikit minyak agar teksturnya semakin renyah. Panggang kentang dalam oven selama 30 menit, dengan memanaskan oven terlebih dahulu.
 
4. Tanpa Mengupas Kulitnya
Umumnya kentang diolah dengan terlebih dahulu dikupas kulitnya, padahal kulit kentang memilik sejumlah kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Diantaranya kalium, zat besi, dan niasin. Selain itu kulit kentang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat digunakan untuk mengontrol berat badan. Sebelum mengolah kentang sebaiknya cuci bersih kentang di air mengalir sembari digosok-gosok kulitnya, agar terbebas dari kotoroan.

Editor : Zamzami Ramadhan

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut