get app
inews
Aa Read Next : Melihat Lebih Dalam Kota Bogor: Pesona, Tantangan, dan Kehidupan Sehari-hari

16 Tahun Upaya Tumbuh, Bunga Rafflesia Arnoldi Asal Bengkulu Mulai Mekar di Kebun Raya Bogor

Kamis, 15 September 2022 | 05:44 WIB
header img
16 Tahun Upaya Tumbuh, Bunga Rafflesia Arnoldi Asal Bengkulu Mekar di Kebun Raya Bogor. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

Sofi menjelaskan, kondisi bunga Rafflesia Arnoldi di KRB ini memiliki diameter sekitar 30 centimeter dan belum mekar sempurna atau baru sekitar 70-80 persen. Bunga ini memang tidak sebesar di habitat aslinya yang bisa mencapai sekitar 1 meter.

"Tapi mungkin karakternya agak berbeda dengan yang di habitatnya. Kalau di habitatnya mungkin sangat besar bisa 1 meter. Meskipun saat ini sudah jarang sekali ada Rafflesia Arnoldi yang berukuran 1 meter, itu ukurannya sudah turun karena berbagai macam bisa kerusakan hutan, atau faktor-faktor alam lain yang tidak menguntungkan bagi Raflesia Arnoldi. Yang mekar di KRB kemungkinan ukurannya sangat kecil. Tidak seperti yang asli di habitatnya," terangnya.

Meski begitu, tetap saja mekarnya bunga Rafflesia Arnoldi di luar habitatnya ini tergolong langka. Usia mekarnya pun diperkirakan hanya selama 3-4 hari.

"Tetap ini merupakan satu peristiwa yang memang jarang terjadi. Mungkin baru pertama kali di dunia yang terekam sejak awal. Usia mekarnya mungkin hanya 3-4 hari. Jadi tidak lama dia tidak memberi waktu saya setelah penantian 16 tahun ini," tutup Sofi.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut