get app
inews
Aa Read Next : Bupati Ade Yasin: Sektor Pertanian Akan Digenjot Pulihkan Ekonomi Imbas Pandemi

Tiga Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Menghadapi Virus Corona

Selasa, 22 Juni 2021 | 19:48 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: pixabay)

bogor.iNews.id - Kasus positif Covid-19 di berbagai daerah Indonesia kembali melonjak sejak Juni 2021. Tentu tidak mudah untuk menghentikan penyebaran Virus Covid-19 yang sedang mewabah. Selain menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan imunitas tubuh di kalangan masyarakat juga sangat dianjurkan.

Memiliki imunitas tubuh yang baik dianggap dapat membantu menghadapi virus Corona. Berikut beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh agar kita dan keluarga selalu sehat di masa pandemi yang dikutip dari berbagai sumber..

1. Perbaiki Pola Hidup
Pola hidup masyarakat umumnya dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup. Aktivitas yang padat bisa memicu stress hingga berpengaruh pada kesehatan, untuk itu penting menerapkan pola hidup sehat setiap harinya.

> Tidur Cukup
Tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat. Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan Anda. Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu 7-8 jam untuk tidur setiap malamnya.

> Lakukan Aktivitas Fisik
Tubuh kita berfungsi lebih baik ketika kita aktif secara fisik setiap hari. Tidak harus yang bersifat berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau naik-turun tangga juga dapat dilakukan di sela kesibukan kita. Disarankan untuk rutin olahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


2. Perhatikan Nutrisi Makanan
Apa yang kita makan akan mempengaruhi bagaimana tubuh kita bekerja. Untuk itu penting memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi setiap hari. Prinsip gizi seimbang yang meliputi karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik harus ada dalam setiap porsi makanan.

Mengkonsumsi makanan utuh yang bukan olahan sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Untuk itu disarankan mengkonsumsi beragam buah dan sayuran. Buah banyak mengandung vitamin, sedangan sayur banyak mengandung serat dan menieral yang dibutuhkan tubuh kita.


3. Perbaiki Pola Pikir
Pola pikir dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental. Menurut penelitian, berpikir positif dapat membantu mengurangi stress serta dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap serangan penyakit. Ada beberapa cara untuk bisa menjaga pikiran tetap positif, salah satunya dengan banyak bersyukur. Penelitian menunjukkan sering mengucap syukur memiliki dampak besar pada tingkat kepositifan dan kebahagiaan hidup.

 

Editor : Zamzami Ramadhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut