get app
inews
Aa Read Next : Kementerian PUPR Rencanakan Co-Creation, Libatkan Konsumen Tentukan Rumah Idaman

Tips Membeli Rumah Pertama, Berikut Ulasannya

Senin, 28 November 2022 | 12:24 WIB
header img
Tips membeli rumah pertama. Foto: iNewsBogor.id / istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Harus diakui urusan pembelian rumah adalah sesuatu yang serius dan harus dipikirkan matang-matang. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dipikirkan sebelum kamu membuat keputusan membeli rumah.

Di bawah ini adalah tips yang bisa membantu kamu dalam membeli rumah atau Tips Membeli Rumah Pertama.

1. Jangan terburu-buru dalam memilih rumah

Kamu tidak perlu buru-buru membeli rumah. Banyak hal yang harus dipikirkan, bukan hanya harga rumahnya saja. Kamu tentunya ingin membeli rumah terbaik yang sesuai dengan budget. Sediakan waktu untuk melakukan pencarian rumah dengan mendatangi tempatnya langsung. Diskusikan juga dengan pasangan mengenai tipe dan kondisi rumah seperti apa yang ingin dibeli. Minimal pencarian rumah ini disarankan dilakukan dalam waktu sebulan. Kalau kamu butuh waktu lebih dari itu pun tidak masalah.

2. Gunakan aplikasi properti untuk cari rumah

Sebelum melakukan survei ke tempatnya langsung, kamu bisa memanfaatkan situs web properti untuk mencari rumah. Sekarang situs web khusus properti itu canggih-canggih. Kamu bisa mengatur pencarian secara mudah seperti memilih langsung lokasi, harga rumah yang diinginkan, dan fitur lainnya.

Setelah menemukan beberapa rumah yang membuat kamu tertarik, lakukan survei secara langsung ke lokasinya.

3. Mengandalkan agen properti

Tidak masalah jika kamu ingin meminta bantuan profesional seperti agen properti. Agen ini memiliki banyak koneksi di bidang properti. Kamu pun bisa menggunakan jasanya untuk menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria.

Tentunya harus sering diskusi juga dengan agen properti tersebut agar tujuan kamu dimengerti oleh pihak agen. Biasanya ada biaya yang dikeluarkan untuk membayar jasa agen properti. Namun, proses pencarian rumah biasanya bisa berlangsung lebih cepat.

4. Pastikan lokasi rumah mudah dijangkau

Sebelum beli rumah, kamu harus memastikan jika rumah yang dipilih lokasinya mudah dijangkau. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan adalah tersedianya jalan tol, transportasi umum, mudah dilalui oleh kendaraan pribadi atau tidak, dan lainnya.

Dengan begitu, mobilitas kamu akan lebih mudah. Apalagi jika lokasi kantor kamu lumayan jauh dari rumah yang kamu beli.

5. Bahan material rumah yang berkualitas

Kamu juga perlu memeriksa apakah rumah yang kamu beli memiliki kualitas material yang bagus atau tidak. Rumah yang punya material bagus tentu akan awet dan tidak mudah rusak walaupun sering diterpa hujan badai dan matahari yang begitu terik.

Misalnya, dinding yang kuat itu biasanya terbuat dari batu bata dan atap yang kuat terbuat dari beton. Jenis bahan-bahan pembuatan rumah ini harus kamu ketahui.

6. Rencana renovasi rumah ke depannya

Beli rumah juga harus dipikirkan tentang rencana ke depannya. Kamu dan pasangan yang berencana mempunyai anak mungkin ingin menambah jumlah kamar.

Jadi, pastikan rumah kamu itu bisa dibangun untuk menjadi lebih luas. Hal ini bisa dilihat dari rumah yang punya halaman luas, sehingga nanti sebagian dapat digunakan untuk membangun ruangan baru.

Atau memilih rumah yang siap untuk menjadi bangunan tingkat dua. Itu berarti rumah tersebut harus punya fondasi yang kuat.

7. Angsuran KPR disarankan tidak melebihi 35% dari pendapatan

Beli rumah dengan KPR disarankan sebaiknya memiliki total angsuran per bulan tidak melebihi 35% dari pendapatan per bulan yang diterima. Lebih dari itu, kamu sangat mungkin bisa kerepotan dalam melakukan pembayaran cicilannya.

Apalagi kamu punya kebutuhan lain dan ingin bisa menabung juga. Angsuran yang sesuai dengan kondisi keuanganmu bisa dinilai dari harga rumahnya dan besaran bunga yang diberlakukan oleh pihak bank. Untuk mengetahuinya, manfaatkan simulasi KPR.

8. Lebih baik jika memiliki asuransi rumah

Membeli rumah akan lebih aman dengan adanya asuransi rumah atau asuransi properti. Asuransi properti akan membantu kamu memproteksi rumah dari berbagai risiko bencana seperti kebakaran, banjir, tanah longsor, dan lainnya.

Jika kamu memilih KPR, biasanya akan disarankan bahkan diwajibkan untuk mengambil asuransi jiwa yang akan membantu pelunasan KPR ketika debitur meninggal dunia. Opsi asuransi bisa menjadi jalan keluar terbaik agar kamu bisa nyaman dan tenang tinggal di rumah sendiri selama masa KPR berlangsung.

9. Sediakan uang untuk membeli perabotan

Tidak hanya uang untuk beli rumah, kamu juga perlu mempersiapkan budget untuk membeli perabotan rumah mulai dari kursi, meja, tempat tidur, dan lainnya. Harga perabotan rumah juga tergantung dengan kualitasnya.

Kamu bisa memilih perabotan rumah yang disukai di banyak tempat. Apalagi sekarang banyak tawaran-tawaran yang menarik di e-commerce.

Jangan lupa lakukan survei di mana kamu bisa membeli perabotan rumah tangga itu. Sehingga ketika kamu akan pindahan, rumah kamu langsung terisi dengan perabotan yang kamu butuhkan. Itu dia tips untuk lancar beli rumah. 

Tidak perlu buru-buru, yang penting kamu mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dengan sebaik-baiknya.

Jangan lupa sediakan waktu khusus untuk melakukan pencarian rumah agar kamu menemukan rumah yang sesuai keinginan.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut