get app
inews
Aa Read Next : MaWaRa: Konsep-Konsep Mendasar Al-Millah Karya Farabi Bisa Robohkan Tatanan Politik Hari Ini

Hari Ibu, Hari Pergerakan Perempuan Indonesia 

Kamis, 22 Desember 2022 | 17:40 WIB
header img
Diah Pitaloka, Anggota DPR RI. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Setiap tanggal 22 Desember, kita memperingati Hari Ibu sebagaimana dunia Barat merayakan Mother's Day. Padahal awal lahirnya peringatan keduanya sangat berbeda. Hari Ibu di Indonesia sebenarnya adalah peringatan Kongres Perempuan Indonesia I, peringatan pergerakan perempuan Indonesia secara politik, setidaknya 30 organisasi perempuan bersatu di hari itu.

Peserta Kongres kebanyakan perempuan muda lajang, seperti Siti Sundari, tunangan Muhammad Yamin. Sehingga jelaslah, bahwa yang dimaksud "ibu" bukan hanya perempuan yang telah memiliki anak. Tetapi kata "ibu" sebagai sebutan penghormatan terhadap semua perempuan.

Kongres Perempuan I pada tanggal 22 Desember 1928 adalah peristiwa monumental yang mengukuhkan tonggak perjuangan perempuan di ranah politik. Hari bersejarah ini penting untuk diperingati secara tepat, sebab dengan demikian tidak perlu ada perdebatan lagi soal pantas atau tidak, boleh atau tidak perempuan terjun ke dunia politik di Indonesia. Dan meneguhkan peranan perempuan dalam proses lahirnya sebuah negara Republik Indonesia.  

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut