get app
inews
Aa Read Next : Refleksi Pilpres 2024, ABI Dorong Presiden Terpilih Bangun Kehidupan Moderat

Zahir bin Yahya: Bagi ABI, Pancasila Sudah Final sebagai Ideologi Indonesia

Sabtu, 22 Juli 2023 | 13:36 WIB
header img
Habib Zahir bin Yahya (tengah) saat memaparkan pandangan ABI soal Pancasila. Ia menegaskan Pancasila adalah ideologi yang final bagi Indonesia. (Foto: Dok. ABI).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Ketua Umum Ahlulbait Indonesia (ABI), Habib Zahir bin Yahya, menegaskan bahwa Pancasila merupakan ideologi negara yang sudah final dan tidak dapat digantikan oleh ideologi lain di Indonesia.

Dalam acara gathering dengan media massa di kantor DPP ABI, Jakarta Selatan, pada Selasa (18/7/2023), Habib Zahir bin Yahya menegaskan pentingnya Pancasila sebagai landasan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Menurutnya, Pancasila telah menjadi identitas nasional yang kuat dan merupakan hasil kesepakatan para pendiri bangsa.

"Kami di Ahlulbait Indonesia, dengan sungguh-sungguh menyatakan bahwa Pancasila adalah ideologi negara yang sudah final bagi Indonesia. Pancasila merupakan pondasi kuat bangsa ini dan mewakili semangat persatuan, keragaman, dan keadilan sosial," katanya.

Pernyataan tersebut disampaikan untuk mengklarifikasi pandangan bahwa masyarakat Syiah di Indonesia seringkali diasosiasikan dengan Syiah di negara Iran. 

Zahir menekankan, meskipun ada beberapa kesamaan dalam ajaran agama, namun tidak berarti Syiah di Indonesia dan Syiah di Iran harus mengadopsi sistem politik yang sama.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut