get app
inews
Aa Read Next : Refleksi Pilpres 2024, ABI Dorong Presiden Terpilih Bangun Kehidupan Moderat

ABI Layangkan 7 Tuntutan Soal Aksi Penistaan Alquran di Swedia dan Denmark

Kamis, 27 Juli 2023 | 13:16 WIB
header img
ABI layangkan kecaman dan 7 tuntutan sikapi penistaan Alquran di Swedia dan Denmark.

JAKARTA, iNewsBogor.id - Ketua Umum Ahlulbait Indonesia (ABI), Zahir Yahya, mengutuk penistaan Alquran yang telah dilakukan sekelompok orang di Swedia, dan diikuti oleh serangkaian aksi serupa di negara tetangganya, Denmark.

ABI menilai semua aksi penistaan tersebut dilakukan dengan restu pemerintah dan di bawah penjagaan aparat kepolisian setempat.

Zahir mengatakan penistaan terhadap kehormatan umat Islam merupakan bentuk agresi dan permusuhan terhadap Islam dan kaum muslimin. 

"Aksi biadab di Denmark semacam itu juga bukan pertama kalinya dilakukan sepanjang tahun ini. Sebelumnya, kelompok anti-Islam lainnya, Payrioterne Gar Live juga telah membakar al-Quran pada 24 dan 31 Maret 2023 serta pada Jumat, 14 April 2023 di depan Kedutaan Besar Turki di Kopenhagen," kata Zahir dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (27/7/2023).

Pemerintah Swedia dan Denmark berdalih bahwa seluruh tindakan amoral itu direstui karena merupakan bagian dari kebebasan berekspresi. Namun, Zahir menilai alasan itu hanya mengada-ada.

Pasalnya, kebebasan berekspresi seyogianya dibatasi oleh etika kemanusiaan, yang salah satunya adalah tidak sampai mengagresi, menista, menyinggung, hingga melukai pihak lain.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut