get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPR Minta Pemerintah Waspada Dampak Konflik Iran vs Israel Terhadap Ekonomi RI

HUT RI ke-78 RI di PLBN Entikong, Stafsus Mendagri Jelaskan Pengembangan Ekonomi Perbatasan

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 20:39 WIB
header img
Upacara HUT ke-78 RI di PLBN Entikong, Staf Khusus Mendagri Sampaikan Peran Strategis PLBN Kembangkan Ekonomi Masyarakat Perbatasan Negara. (Foto: Dok. PLBN).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar) kembali melaksanakan upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) pada Kamis, 17 Agustus 2023.  

PLBN Entikong yang dikelola Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) memulai upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi pukul 09.00 WIB di Pasar PLBN Entikong yang berada di Zona Penunjang PLBN.  

Upacara di gerbang perbatasan negara pertama dan tertua Indonesia tersebut bertambah khidmat dengan dihadiri para veteran, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat hingga pelajar tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Selain itu turut hadir perwakilan semua instansi yang terdapat di PLBN Entikong. 

Staf khusus Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Pemerintahan Desa dan Pembangunan Perbatasan, Hoiruddin Hasibuan yang bertindak sebagai inspektur upacara mengenakan busana adat Dayak dengan mengenakan rompi tenun dan kopiah. Bertindak sebagai komandan upacara adalah Satgas Yonarmed 16/TK, Lettu Arm Ery Setiawan. 

Dalam sambutannya, Hoiruddin membacakan beberapa hal terkait Amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang juga merupakan Kepala BNPP.

Salah satunya, Hoiruddin berujar terkait pengelolaan perbatasan negara, Presiden Joko Widodo selalu mengingatkan untuk mewujudkan perbatasan sebagai halaman dan beranda depan NKRI. 
 

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut