get app
inews
Aa Read Next : 93 Pegawai KPK Terlibat Pungli, Yudi Purnomo Minta KPK Bersih-bersih

Satgassus Polri dan Kemenkeu Cegah Korupsi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

Kamis, 28 September 2023 | 21:08 WIB
header img
Satgassus Pencegahan Korupsi Mabes Polri dalam giat pencegahan korupsi di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Senin-Rabu (25-27/9/2023). (Foto: Dok. Satgassus Polri).

JAKARTA, iNews Bogor.id - Anggota Satuan Tugas Khusus Pencegahan Korupsi Polri (Satgassus Pencegahan Korupsi), Yudi Purnomo Harahap, mengungkapkan komitmen teguh Mabes Polri dalam upaya pencegahan korupsi. 

Kali ini, Satgassus bekerja sama dengan Direktorat Kepatuhan Internal dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan untuk memperkuat integritas di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, pada Senin-Rabu (25-27/9/2023).

Yudi menjelaskan bahwa kegiatan ini dipimpin oleh Giri Suprapdiono, yang didampingi oleh Aulia Postiera dan Farid Andhika. Mereka melakukan pemantauan intensif terhadap area yang rentan terhadap praktik korupsi, mengidentifikasi potensi pelanggaran kepabeanan, serta menjaga integritas pegawai KPPBC dari tekanan dan intervensi pihak-pihak yang ingin mengganggu tugas mereka.

Ketua Tim, Giri Suprapdiono, menjelaskan bahwa kerjasama di Tanjung Perak adalah salah satu wujud nyata dari kerja sama strategis antara Polri dan Kemenkeu yang ditegaskan dalam pernyataan Kapolri dan Menteri Keuangan pada Seminar Nasional Pencegahan Korupsi pada 14 September 2023. 

"Mereka bersama-sama berkomitmen untuk menjaga integritas ekspor-impor, meningkatkan indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia, dan memperkuat ekonomi negara," kata Yudi, dikutip Kamis (28/9/2023).

Yudi menjelaskan, langkah ini juga sejalan dengan upaya percepatan Program Reformasi Kepabeanan dan Cukai (PRKC) berkelanjutan yang diprakarsai oleh Dirjen Bea dan Cukai.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut