get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Anggota Komisi IV DPR RI Ravindra Airlangga Ajak Petani dan Pelaku UMKM Bogor Tangkap Peluang Ekspor

Minggu, 01 Oktober 2023 | 13:42 WIB
header img
Anggota Komisi IV DPR RI Ravindra Airlangga Ajak Petani dan Pelaku UMKM Bogor Tangkap Peluang Ekspor. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Ratusan petani dan pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM) didominasi kelompok milenial ambil bagian dalam kegiatan bimbingan teknis (bimtek) seputar pertanian dan perkebunan digelar di tiga lokasi berbeda antara lain Dramaga, Ciampea dan Cibungbulang Kabupaten Bogor, Sabtu, (30/9/2023). Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Golkar Ravindra Airlangga.

Saat menyampaikan fikirannya dihadapan ratusan peserta bimtek, Ravindra menegaskan Bogor memiliki keunggulan komparatif di bidang pertanian dan perkebunan. Karena itu, mestinya petani Bogor lebih serius berorientasi ekspor.

Ravindra menambahkan, Bogor memiliki potensi perkembunan yang sangat besar. Mengacu pada data Badan Pusat Statistik, kata dia, komoditas perkebunan dan pertanian (buntan-red) Kabupaten Bogor antara lain kopi, kakao, teh, tanaman hias, juga produk pertanian lainnya.

Ravindra menyebut di Tahun 2022, total produksi buntan sekitar 7 juta ton secara keseluruhan. Dan angka ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Salah satu produksi perkebunan unggulan Bogor, lanjutnya, adalah kopi jenis robusta. Tahun 2021, sebanyak 4 ribu ton biji kopi diproduksi dari daerah ini.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut