get app
inews
Aa Read Next : Ganjar-Mahfud Siap Gugat Hasil Pemilu 2024 ke Mahkamah Konstitusi

Pengurus Pusat LVRI Periode 2022-2027 Resmi Dilantik Jokowi, Tegaskan Komitmen Netral di Pemilu 2024

Kamis, 23 November 2023 | 16:21 WIB
header img
Pengurus Pusat LVRI Periode 2022-2027 Resmi Dilantik Jokowi, Tegaskan Komitmen Netral di Pemilu 2024. (Foto : Istimewa)

Acara pelantikan ditutup dengan ucapan selamat dari Presiden Jokowi, diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir. ”Saya percaya bahwa saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” lanjut Presiden. "Pemersatu Jiwa dan Semangat 1945".

Setelah acara pelantikan, HBL Mantiri, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat LVRI, menyampaikan bahwa tanggung jawab utama LVRI adalah mewariskan jiwa, semangat, dan nilai-nilai tahun 1945 kepada generasi penerus bangsa. Dalam penjelasannya, Mantiri juga mengungkapkan rasa syukur atas pelantikan anggota LVRI, yang secara bersamaan dilakukan dengan pelantikan Panglima TNI, dianggap sebagai bentuk kesinambungan perjuangan antara veteran dan para penerusnya.

"Kami bersyukur dapat menyatukan kesinambungan, tidak terpisah antara kami yang sudah veteran dan para TNI yang masih aktif. Mereka juga akan menjadi veteran jika memenuhi persyaratan. Tidak semua purnawirawan memenuhi kriteria veteran," ujar Mantiri dalam pernyataannya.

Acara pelantikan dihadiri oleh berbagai pejabat negara, sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, dan para kepala staf angkatan.LVRI, sebagai organisasi yang menghimpun para veteran, memiliki peran penting dalam mewujudkan kesatuan di antara generasi veteran. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran RI Pasal 18 Ayat 3, semua veteran RI secara otomatis menjadi anggota LVRI sebagai satu-satunya organisasi massa veteran di Indonesia.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut