get app
inews
Aa Read Next : Karateka Kabupaten Bogor Naufal Putra Diandra Sabet Emas Ajang SeakF Asia ke-11 di Bangkok

Harga Pupuk Melonjak, Anggota Komisi IV DPR RI Ravindra Minta Akses Pupuk Bantuan Diperluas

Rabu, 13 Desember 2023 | 13:57 WIB
header img
Anggota Komisi IV DPR RI Ravindra Airlangga Saat Berdialog dengan Warga di Caringin, Kabupaten Bogor. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Di tengah meningkatnya harga pupuk, petani harus tetap bisa mengaksesnya. Untuk membuat petani tetap bisa mendapatkan pupuk dengan mudah, dibutuhkan penambahan kios pupuk bersubsidi dan kartu tani untuk kelompok yang memenuhi syarat. Demikian dikatakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Ravindra Airlangga pada pertemuannya dengan para petani di Kampung Cinagara, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Selasa, (12/12/2023).

Dalam pertemuan tersebut, sejumlah petani mengeluhkan kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. "Saya Haji Bubun boga sawah ngan pupuk urea na hargana teh lima rebu naha ari patani sejen mun meuli ukur dua rebu genep ratus rupiah " (saya punya sawah ditanami padi tapi kenapa pupuknya harganya lima ribu rupiah per kilonya sementara petani lain kalau beli cuman dua ribu enam ratus rupiah),” tanya Haji Bubun, salah seorang petani yang hadir kepada Ravindra.

Kepada para petani, Anggota DPR RI yang duduk di Komisi IV itu mengakui ada kenaikan harga pupuk di pasar dunia. Menurutnya, hal diantaranya disebabkan naiknya harga bahan baku karena konflik geopolitik Russia Ukraina dan belum cukupnya produksi dalam negeri untuk memenuhi permintaan kebutuhan.

Namun walaupun harga naik, Ravindra berharap itu tidak membuat petani yang memenuhi syarat kehilangan akses. Karena itu jumlah kios pupuk bersubsidi harus ditambah.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut