get app
inews
Aa Read Next : Pesan Khusus untuk Ganjar dari Ponpes Krapyak Yogyakarta

Pakar Keamanan: Ide Duta Besar Siber Ganjar Bagus untuk Command Center

Selasa, 09 Januari 2024 | 08:23 WIB
header img
Ganjar Prabowo dalam debat ketiga menegaskan akan membentuk Duta Siber. (Foto: Dok. MPI).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Pakar keamanan siber, Dr. Pratama Persadha, menyambut baik ide dari calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo, yang mengusulkan pembentukan duta besar siber sebagai command center bagi lembaga-lembaga yang terkait dengan pertahanan siber.

Menurutnya, pernyataan Ganjar Pranowo merupakan gagasan yang sangat positif mengingat keberadaan beberapa lembaga di Indonesia, seperti BSSN, BIN, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yang saat ini bekerja secara terpisah dalam menjaga keamanan siber.

“Gagasan yang sangat bagus, mengingat saat ini di Indonesia ada beberapa lembaga yang memiliki kemampuan dalam hal pertahanan,” kata Pratama di Jakarta, Senin (8/1/2024).

Pratama, yang juga menjabat sebagai Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC, menyatakan penunjukan duta besar siber akan membantu mengorkestrasikan berbagai lembaga tersebut.

“Sehingga tidak ada fungsi yang saling tumpang tindih namun akan dapat saling melengkapi dan menguatkan,” kata dia.

Dengan hadirnya duta besar siber sebagai command center, Pratama yakin negara akan dapat memahami gambaran yang lebih komprehensif tentang keamanan siber dari berbagai perspektif.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut