get app
inews
Aa Read Next : Buku Dinamika Data APTIKA, Referensi dan Literasi Didedikasikan Bagi Masyarakat Luas

Survei Indikator: Kepercayaan Publik Terhadap Kejaksaan Naik Jadi Poin Terang

Selasa, 23 Januari 2024 | 14:38 WIB
header img
Gedung Kejaksaan Agung. Survei Indikator Indonesia menyebut public trust Kekaksaan naik. (Foto: Dok. MPI)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Hasil jajak pendapat oleh Indikator Politik Indonesia mengungkapkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat kepercayaan publik terhadap Kejaksaan.

Survei yang dilakukan pada periode 30 Januari 2023 hingga 6 Januari 2024 menunjukkan bahwa public trust terhadap Kejaksaan mengalami lonjakan dari 73,8 persen pada awal Desember tahun sebelumnya menjadi 76,2 persen.

Menurut Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, Kejaksaan kini menempati posisi ketiga dalam tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga negara, di bawah TNI dan Presiden.

Peningkatan ini menjadi poin terang dalam evaluasi persepsi masyarakat terhadap lembaga negara.

“Di antara lembaga-lembaga lain, hanya Kejaksaan yang naik kepercayaan publiknya. Lembaga penegak hukum juga cenderung turun, kecuali Kejaksaan yang naik,” kata Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegak Hukum dan Politik’ secara virtual, Selasa (23/1). 

Survei Indikator dilakukan dalam rentang 30 Januari 2023 hingga 6 Januari 2024, menempatkan 1.200 responden, diwawancarai secara tatap muka, dengan oversample di 13 provinsi dengan total sebanyak 4.560 responden.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut