get app
inews
Aa Read Next : Kementerian PUPR Catat 79.568 Unit Capaian Program Sejuta Rumah

PUPR: KPR 35 Tahun Sangat Mungkin Dibuat TOD

Minggu, 04 Februari 2024 | 09:30 WIB
header img
Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna, saat wawancara dengan iNews di kantornya, Jumat (2/2/2024). (Foto: iNews/Komarudin-Kementerian PUPR).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna, mengungkapkan pemerintah memiliki rencana mengembangkan program Kredit Pemilikan Rumah atau KPR 35 tahun

Menurut Herry, program rumah yang diperuntukkan generasi muda perkotaan itu sangat mungkin dibangun dengan konsep Transit-Oriented Development (TOD).

“Sangat bisa, justru kita hari ini kita mau mengejar ke sana (TOD),” kata Herry kepada iNewsBogor di kantornya, Jumat (2/2/2024).

Herry menjelaskan integrasi KPR 35 tahun dengan konsep TOD bertujuan untuk menciptakan hunian yang lebih efisien di perkotaan. Meski begitu, KPR 35 tahun yang nantinya berupa rumah vertikal ini tidak harus berdekatan langsung dengan transportasi publik.

“Karena hari ini fasilitas transport backbone yang dibangun itu terbatas. Tapi tidak berarti TOD itu harus benar-benar (mepet) di stasiun,” katanya.

Idealnya, kata Herry, sebuah kawasan TOD terintegrasi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti rumah sakit dan sekolah. Fasilitas umum maupun fasilitas sosial harus berada dalam satu kawasan seluas satu kilometer persegi.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut