get app
inews
Aa Read Next : Gebyar Adminduk 2024, Cara Pemkab Bogor Optimalisasi Layanan Administrasi Kependudukan

Dukung Pemberantasan TPPO, Sahabat Polisi dan BP2MI Gelar Sosialisasi di Karang Tengah Cianjur

Senin, 11 Maret 2024 | 13:38 WIB
header img
Ketua Umum Sahabat Polisi Indonesia, Fonda Tangguh dan Direktur Penempatan Non Pemerintah Kawasan Eropa dan Timur Tengah BP2MI, Ahnas. (Foto : Istimewa/MJ)

CIANJUR, iNewsBogor.id - Sahabat Polisi Indonesia dan Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) terus menunjukkan upaya untuk memberantas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Komitmen tersebut dilakukan dengan menggelar sosialisasi penempatan dan perlindungan PMI di Aula Pertanian Karang Tengah, Kabupaten Cianjur, Jum’at (8/3/2024) kemarin.

“Kami (Sahabat Polisi Indonesia) merasa prihatin dengan maraknya TPPO yang rentan terjadi di wilayah kabupaten Cianjur. Untuk itu kami pun menggandeng BP2MI dan Polri untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penempatan dan pelindungan PMI,” ujar Fonda dalam pidatonya.

Menurut Fonda, masih banyak warga Cianjur yang belum mendapatkan informasi yang benar, saat mereka ingin bekerja ke luar negeri. Akibatnya, muncul pihak-pihak yang ingin mendapatkan keuntungan sesaat dengan melakukan rekrutmen pekerja migran Indonesia (PMI) secara ilegal.

“Dengan iming-iming gaji yang besar, mereka akhirnya terjerat calo. Padahal jalan yang mereka tempuh ilegal dan akhirnya menjadi korban TPPO,” ucap dia.

Fonda pun menegaskan pihaknya siap untuk melakukan pendampingan hukum bagi PMI yang mengalami penganiayaan dan memerlukan bantuan. Sahabat Polisi Indonesia, ungkap dia, akan menyediakan nomor hotline khusus untuk pelindungan PMI dan pemberantasan kejahatan TPPO.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut