get app
inews
Aa Read Next : LSI Denny JA: Sendi Fardiansyah Berpotensi Menjadi Bintang Baru dalam Pemilihan Walikota Bogor

MaWaRa: Al-Millah Karya Al-Farabi Jadi Kunci Tatanan Baru untuk Sistem Politik yang Mendasar

Senin, 25 Maret 2024 | 07:05 WIB
header img
Direktur Eksekutif MaWaRa, Muhammad Hazir Rahim, saat menerangkan konsep Al-Millah dalam diskusi mengenai karya Al-Farabi berjudul Al-Millah di Digra Coffee, Jakarta Selatan, Ahad (24/3/2024). Foto: Alpin/iNews.

Hazir juga menyoroti keunikan Al-Farabi dalam menciptakan mazhab Filsafat Bahasa yang baru. Ia berpendapat karya-karya Al-Farabi memiliki relevansi yang tinggi bahkan di era modern.

"Andaikan Al-Farabi dibaca dengan serius, ada kalimat-kalimat dia yang ketika saya baca filsafat bahasa itu persis dipakai di hari ini," kata Hazir.

Hazir berharap melalui diskusi mengenai Al-Millah, masyarakat dapat menyaksikan bagaimana Al-Farabi tidak hanya memulai, tetapi juga mengakhiri kajian hikmah amali dalam tradisi Islam.


Peserta Iklim MaWaRa. (Foto: Alpin/iNews).

"Saya yakin di Al-Millah ini kita bakal menyaksikan betapa Farabi betul-betul memang bukan cuma memulai tapi mengakhiri kajian hikmah amali di dalam tradisi Islam," katanya.

Sebagai informasi, kegiatan Iklim MaWaRa kali ini melibatkan angkatan pertama untuk serial pemikiran filsuf muslim Al-Farabi. Peserta yang hadir datang dari berbagai latar belakang, mulai mahasiswa, guru, jurnalis, karyawan swasta, aktivis, dll.

Rencananya, diskusi mengenai Al-Millah akan berlanjut dalam beberapa kursus singkat (short course). Adapun topik yang dibahas mencakup Konsep Millah dan Konsep Bangsa; irisan Filsafat, Agama, dan Budaya; Tipologi Pemerintahan; Model-Model Leadership; dan Budaya Politik.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut