get app
inews
Aa Read Next : Ustadz Abu Ubaidah As Sidawi Bantah Kehadiran Syeikh As Sudais saat Shalat Jenazah Ustadz Yazid

Mengenal Ustadz Yazid, Keras Terhadap Praktik Syirik Selalu Tekankan Pentingnya Tauhid

Kamis, 11 Juli 2024 | 21:06 WIB
header img
Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas mubalig Indonesia yang dibesarkan di Kota Bogor, Jawa Barat. Foto: Ist/Rodja

BOGOR, iNewsBogor.id - Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas mubalig Indonesia yang dibesarkan di Kota Bogor, Jawa Barat dikenal luas sebagai mubalig yang sangat perhatian dalam menebarkan dakwah sunnah dan keras terhadap praktik syirik yang saat ini masih begitu banyak ditemui. Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas dalam setiap dakwahnya juga selalu sangat pentingnya Tauhid dan Aqidah.

Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas yang dikenal dengan ceramahnya yang tegas ini ternyata mempunyai kecerdasan yang luar biasa. Siapa sangka ustadz senior dari kalangan Ahlus Sunnah ini mampu menghafal kitab Ulama klasik, yaitu Bulughul Maram. Kitab Bulughul Maram ini dihafal oleh Ustadz Yazid Jawwas diluar kepala. 

Padahal, kitab ini terbilang sangat lengkap karena pengarangnya, yaitu Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqalani menyusun kitab ini dengan metode tematis (maudhu’i) berdasarkan tema-tema fikih, mulai dari Bab Bersuci (Thaharah) sampai Bab Kompilasi (al-Jami’).

Ibnu Hajar juga menyeleksi beberapa hadits dari kitab-kitab shahih, sunan, mu’jam, dan al-Jami yang berkaitan dengan hukum-hukum fiqih. Karena keistimewaannya ini, Bulughul Maram hingga kini tetap menjadi kitab rujukan hadits yang dipakai secara luas tanpa mempedulikan mazhab fikihnya.

Diantara penyebabnya Ustadz Yazid dapat menghafal banyak rujukan kitab seperti Bulughul Maram adalah sebagaimana dikisahkan oleh murid-murid Yazid Jawas, bahwa dia selalu meluangkan waktu minimal 2 sampai 4 jam setiap harinya atau bahkan lebih dari itu untuk membaca‬ kitab-kitab Islam yang bermanfaat.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut