Timwas Haji DPR Soroti Pengelolaan SDM Penyelenggraan Haji yang Dinilai Belum Rapi

Ifan Jafar Siddik
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Diah Pitaloka bersama Timwas Haji DPR. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

Menurutnya, sistem gotong royong itu akan diuji saat jemaah memasuki Lapangan Arafah. Ia prihatin terhadap jemaah lanjut usia yang kondisi kesehatannya semakin menurun dan harus melakukan Badal Haji, yakni mengajak orang yang secara fisik tidak mampu untuk menunaikan ibadah haji.

“Nah, bagaimana dengan ibadah haji Badal ini, kita juga memastikan Kementerian Agama harus tetap mengikuti prinsip-prinsip syariat agama," kata politisi dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

Selain itu, Diah Pitaloka juga menyoroti minimnya manajemen sumber daya manusia yang dilakukan oleh penyelenggara haji. Diah akan menyampaikan catatan kepada Menteri Agama RI tentang pengelolaan sumber daya manusia penyelenggara haji dalam rapat dengan Tim pengawas Haji di DPR.

“Kami juga melihat komposisi jam dinas tidak tertata rapi, ada shift yang mungkin lebih panjang dan ada yang tidak begitu lama. Jadi pertanyaannya adalah bagaimana kita mengatur sumber daya manusia untuk haji di tanah suci,” tegasnya.

“Ini menjadi salah satu perhatian khusus dari proses pengawasan haji yang ada di Tanah Suci, termasuk juga bagaimana Kementerian Agama melakukan manajemen sumber daya untuk melakukan pendampingan jemaah haji kita termasuk juga kesejahteraannya, waktu bertugasnya, dan juga pembagian tugasnya," tutupnya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network