Damkar Kabupaten Bogor Berhasil Tangkap Ular Kobra di Rumah Dokter

Wildan Hidayat
Petugas Damkar Kabupaten Bogor berusaha menangkap ular kobra di rumah seorang dokter. Foto/Dok. Wildan Hidayat

BOGOR - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor mendatangi rumah seorang dokter karena mendapat informasi adanya seekor ular hitam jenis kobra Jawa di kediamannya, Jumat (14/01/22) pagi. Rumah dokter tersebut di Jalan AMD Desa Cibanteng RT 01/03  Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor. 

Menurut Komandan Regu Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor , Arman Riyanto, peristiwa tersebut terjadi dirumah  Dr H. Iqbal (54). Awalnya petugas menerima telepon dari warga , yang kemasukan ular sekitar pukul setengah enam pagi tadi. "Saya mendapat laporan dari warga sekitar pukul lima tiga puluh pagi. " 

Kemudian, tim langsung menuju rumah dokter. Tiba di lokasi, tim dengan menggunakan alat khusus, langsung mengambil ular yang ada dalam sumur kedalaman sekitar delapan meter. "Dengan alat yang kami siapkan, di lokasi, kami langsung menangkap ular kobra Jawa yang panjangnya sekitar tujuh puluh hingga delapan puluh sentimeter," ujar Arman Kumis, sapaan Danru Tim Rescue.

Saat penangkapan ular yang nama latinnya ular maha sepultatrik ini terlihat agresif dan sulit ditangkap karena berada di kedalaman sumur. Khawatir membahayakan pemilik rumah, tim mengangkat ular kepermukaan untuk kami amankan," paparnya.

Selang kurang lebih setengah jam, tim berhasil menangkap ular yang memiliki bisa tinggi. "Sekitar setengah jam kami baru berhasil mengmankan ular." 

Tim kemudian membawa ular Kobra Jawa ini ke tempat yang lebih aman. Arman berharap agar masyarakat lebih berhati hati, mengingat saat ini memasuki musim penghujan, dimana ular mencari tempat persembunyian yang aman dan kering.

"Sekarang kan musim hujan, banyak ular-ular yang masuk rumah karena  sarang ular pada musim penghujan lembap dan basah . Banyak sarang ular yang kehujanan sehingga lembap dan ular mencari tempat bersarang yang aman,” jelasnya.

Editor : Hilman Hilmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network