Airlangga Hartarto: Perbandingan Program Bansos Indonesia dengan Negara Lain

Ifan Jafar Siddik/net_Bogor
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di sidang sengketa pilpres 2024. Foto: MPI

BOGOR, iNewsBogor.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membandingkan program pembagian bantuan sosial (bansos) di Indonesia dengan negara-negara lain dalam upaya memberantas kemiskinan di tanah air pada akhir tahun 2023.

Pernyataan tersebut disampaikan Airlangga saat memberikan keterangan dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat, pada Jumat (5/4/2024).

"Beberapa negara, seperti Malaysia, memberikan bantuan kepada 8,7 juta keluarga, mencakup 25,4 persen dari total penduduk, dengan anggaran sekitar Rp25 triliun untuk periode Januari-September 2023 dan berlanjut hingga September 2024," ujar Airlangga di hadapan hakim konstitusi.

Airlangga juga menyebutkan bahwa Filipina memberikan bantuan tunai sebesar Rp3,47 triliun pada bulan September 2023 akibat dampak el-nino. Di samping itu, India memberikan bantuan pangan kepada 800 juta orang senilai Rp372 triliun dan subsidi pupuk sebesar Rp25,5 miliar.

"Singapura memberikan paket dukungan hidup kepada hampir separuh dari total penduduk, yaitu 2,5 juta orang, mulai September 2024. Amerika Serikat memberikan bantuan berupa food stamp kepada 41 juta orang dengan paket bantuan inflasi dan perlindungan terhadap dampak perubahan iklim ekstrem senilai Rp835 triliun," ungkapnya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network