Paetongtarn Shinawatra PM Baru Thailand, Putri Thaksin Shinawatra yang jadi PM Termuda dalam Sejarah

Sazili Mustofa
Paetongtarn Shinawatra terpilih sebagai PM baru Thailand, putri Thaksin Shinawatra yang jadi PM termuda dalam sejarah. Foto: Ist

BANGKOK, iNewsBogor.id - Pada hari Jumat (16/8/3034), mayoritas anggota parlemen mendukung Paetongtarn Shinawatra sebagai Perdana Menteri (PM) baru Thailand. Terpilihnya putri mantan PM Thaksin Shinawatra ini sekaligus mencatat sejarah sebagai Perdana Menteri termuda di Thailand.

Paetongtarn, yang baru berusia 37 tahun, berhasil meraih dukungan mayoritas di parlemen dengan memperoleh 319 suara, hampir dua pertiga dari total 493 anggota parlemen Thailand, dalam pemungutan suara yang berlangsung pada Jumat (16/8/2024) pagi waktu setempat, seperti yang dilaporkan oleh Reuters.

Dia tidak hadir di parlemen saat pemungutan suara berlangsung, melainkan menyaksikan proses tersebut dari markas besar Partai Pheu Thai, partai yang menaunginya.

Paetongtarn, yang tergolong sebagai pendatang baru dalam dunia politik, belum pernah memegang jabatan publik sebelumnya. Dia akan menggantikan Srettha Thavisin sebagai PM Thailand, setelah Srettha dicopot dari jabatannya oleh Mahkamah Konstitusi karena pelanggaran etika berat terkait penunjukan seorang menteri yang pernah dipenjara.

Terpilihnya Paetongtarn menandai kembalinya dinasti Shinawatra ke kekuasaan di Thailand, setelah ayahnya Thaksin dan bibinya Yingluck dilengserkan melalui kudeta militer beberapa tahun lalu.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network