Logo Network
Network

Tinjau Lokasi Gempa Cianjur, Presiden Jokowi Minta Jajaran Penanganan Bencana Prioritaskan Korban

Tim iNewsBogor.id
.
Selasa, 22 November 2022 | 15:18 WIB
Tinjau Lokasi Gempa Cianjur, Presiden Jokowi Minta Jajaran Penanganan Bencana Prioritaskan Korban
Tinjau Lokasi Gempa Cianjur, Presiden Jokowi Minta Jajaran Penanganan Bencana Prioritaskan Korban. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

CIANJUR, iNewsBogor.id - Presiden Joko Widodo didampingi Menko PMK Muhajir Efendi melakukan peninjauan langsung ke lokasi musibah gempa bumi di Cugenang Cianjur Jawa Barat, Selasa (22/11/2022) siang.

Jokowi memantau langsung lokasi paling parah terkena musibah gempa sambil mengamati proses penanganan yang tengah dilakukan oleh tim SAR Gabungan.

Dihadapan awak media Presiden Jokowi atas nama pemerintah menyampaikan belasungkawa atas para korban meninggal dunia akibat musibah gempa.

Lebih lanjut Presiden Jokowi meminta jajaran yang menangani bencana dengan menyebut BNPB, Basarnas, TNI dan POLRI untuk memprioritaskan penanganan pada korban.

"Saya minta pada jajaran yang menangani musibah untuk mendahulukan evakuasi terhadap para korban," ujarnya.

Presiden Jokowi juga memastikan pemerintah melalui Kemenko PMK akan memberikan bantuan keuangan pada para korban.

"Pemerintah akan memberikan bantuan keuangan pada para korban. Korban meninggal 50 juta, luka berat dan ringan masing masing 25 juta yang akan disalurkan melalui Kementerian Koordinator PMK," tambah Jokowi.

Tetkait dengan rehabilitasi atas kerusakan rumah yang dialami warga. Presiden Jokowi memerintahkan Kementerian PUPR melakukan inventariasi guna memastikan pembangunan rumah tahan gempa.

"BMKG memprediksi gempa di Cianjur merupakan siklus 20 tahunan. Oleh karena itu saya memerintahkan PUPR rehabilitasi dengan membangun rumah rumah tahan gempa," pungkasnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.