get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Buruh dari Bogor Padati Jakarta dalam Aksi May Day 2024

Pentingnya Sadari dan Sadanis untuk Deteksi Kanker Payudara

Jum'at, 16 Desember 2022 | 01:08 WIB
header img
Ketum IKWI memberikan suvenir kepada dr. Nanda didampingi Sekum IKWI dan PJ Baksos & Webinar Kesehatan IKWI. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

JAKARTA, iNewsBogor.id Penyakit kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian di dunia dan kanker payudara menduduki peringkat tertinggi, atau 11,6% sebagai kanker yang dialami wanita. Untuk itu sangat penting dilakukan deteksi dini kanker dengan dua hal, yakni periksa payudara sendiri (Sadari) dan periksa payudara klinis (Sadanis).

“Berdasarkan pada Data GLOBOCAN, International Agency for Research of Cancer (IARC), diketahui bahwa pada tahun 2018 diestimasi ada 18,1 juta kasus kanker baru dan terdapat 9,6 juta kematian yang disebabkan oleh kanker di seluruh dunia,” kata  dr. Nanda P. Chintia, RMO BCCA-MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, di Jakarta, Kamis (15/12).

Menurut dr. Nanda, kanker payudara dapat disembuhkan apabila terdeteksi lebih dini dan mendapatkan terapi penyembuhan dari tenaga dokter ahli. Dia berbicara dalam Webinar Kesehatan dengan tema Deteksi Dini Kanker Payudara, yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan MRCCC Siloam Hospitals Semanggi. Webinar tersebut merupakan rangkaian acara Bakti Sosial Kesehatan dalam menyambut Peringatan Hari Ibu ke-94 tahun 2022.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut