get app
inews
Aa Read Next : Jelang Porprov Jabar 2026, KONI Kota Bogor Memulai Test Fisik dan Cek Kesehatan Atlet

Tips Menurunkan Gula Darah secara Alami

Jum'at, 16 Desember 2022 | 10:04 WIB
header img
Tips menurunkan gula darah secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

2. Hindari Stres

Di era ini, tidak jarang menemukan orang yang stress apapun penyebabnya. Stres merupakan pemicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya gula darah tinggi. 

Meditasi adalah salah satu cara menurunkan gula darah dengan menghilangkan stres. Sisihkan waktu untuk mengosongkan pikiran dari segala beban, belajar bernapas yang benar, dan tubuh kamu akan terasa lebih segar dan lega.

Tentunya, ada banyak cara lain untuk menghilangkan stres. Tapi, tidak ada salahnya mencoba meditasi di waktu luang kan? 

3. Perhatikan Asupan Karbohidrat

Bagi penderita diabetes, pastinya pernah mendengar dampak negatif karbohidrat ya. Tubuh kita memecah karbohidrat menjadi gula dan glukosa, lalu insulin bekerja memindahkan gula ke dalam sel. Tentunya kerja insulin ada batasnya.

Saat kamu mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak, insulin gagal memindahkan gula sehingga kadar gula darah naik. 

Mulailah untuk konsumsi makanan low glycemic-index (GI) atau indeks glikemik rendah dari sekarang. Contohnya seperti beras merah, sayur, buah, kacang, dan yogurt. Jenis makanan ini bisa membantu menstabilkan gula darah.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan yang berserat tinggi memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula dalam tubuh. Hal ini mencegah gula darah melonjak naik dengan cepat. Selain menstabilkan gula darah, makanan tinggi serat juga bisa menahan nafsu makan. Cocok untuk konsumsi setiap hari.

Beberapa makanan tinggi serat yang bisa kamu pilih seperti buah-buahan, sayur, oatmeal, makanan dari gandum, dan kacang-kacangan. Hati-hati, ada banyak produk tinggi serat yang disertai dengan gula. Untuk menurunkan gula darah, kamu tentunya harus menghindari dari gula.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut