get app
inews
Aa Read Next : Jelang Porprov Jabar 2026, KONI Kota Bogor Memulai Test Fisik dan Cek Kesehatan Atlet

Tips Menurunkan Gula Darah secara Alami

Jum'at, 16 Desember 2022 | 10:04 WIB
header img
Tips menurunkan gula darah secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

8. Tidur yang Cukup

Tidur adalah cara menurunkan gula darah paling sederhana dan mudah. Asam lemak dalam tubuh secara alami turun saat tidur di malam hari. Asam lemak ini berperan penting dalam mengatur insulin dan mencegah gula darah tinggi. Selain itu, kamu tendensi lebih mudah stress dan cepat lapar kalau kekurangan tidur.

Saat tidur, kamu harus perhatikan kuantitas dan kualitas tidur. Disarankan untuk tidur minimum 7 jam. Tingkatkan kualitas tidur dengan cara seperti menghindari kafein beberapa jam sebelum tidur, jangan terlalu lama tidur siang, atau mengonsumsi suplemen melatonin.

9. Konsumsi Suplemen Vitamin D

Dalam sebuah studi, orang yang mengonsumsi vitamin D secara rutin memiliki kadar gula darah yang lebih stabil. Vitamin D ini bermanfaat meningkatkan kerja sel pankreas dalam memproduksi insulin. 

Suplemen Vitamin D sangat direkomendasikan untuk diabetes tipe 2. Namun, sebaiknya tanyakan dokter terlebih dahulu karena suplemen ini bisa mempengaruhi beberapa jenis obat. 

10. Konsumsi Cuka Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar (ACV) terbukti mengandung banyak khasiat untuk kesehatan, dari kulit, pencernaan, hingga gula darah.  Dalam sebuah penelitian, orang yang rutin mengonsumsi cuka apel memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.

Tambahkan cuka apel ke dalam diet sehari-hari mu, baik sebagai salad dressing atau bumbu masak. Kamu juga bisa membuat ramuan cuka apel. Campurkan 2 sendok teh cuka apel dan sedikit bubuk kayu manis ke 1 gelas air. Minum ramuan ini secara rutin agar terasa manfaatnya

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut