get app
inews
Aa Read Next : Jelang Porprov Jabar 2026, KONI Kota Bogor Memulai Test Fisik dan Cek Kesehatan Atlet

Tips Menurunkan Gula Darah secara Alami

Jum'at, 16 Desember 2022 | 10:04 WIB
header img
Tips menurunkan gula darah secara alami yang sudah terbukti secara ilmiah. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

5. Minum Banyak Air

Tahukah kamu, salah satu cara alami tubuh untuk menurunkan gula darah adalah melalui buang air kecil? Gula yang berlebihan dibuang melalui urin agar kadar gula darah tetap stabil. Dengan kata lain, Kalau tubuh kekurangan cairan, gula akan cenderung lebih sulit dikeluarkan dan menetap di dalam tubuh kita. Hal ini menyebabkan gula darah yang tinggi. 

Karena itu, jangan lupa minum air sebanyak delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter. Dengan ini kamu tidak akan dehidrasi dan kadar gula menjadi stabil.

strip gula darah
Kini mengecek gula darah tak perlu repot, cukup di rumah dengan strip gula darah praktis!

6. Konsumsi Elektrolit dan Suplemen Magnesium

Ketika kita sering buang air kecil karena gula darah tinggi, tubuh kita akan kehilangan cairan dan elektrolit. Elektrolit seperti magnesium, potassium, sodium, dan fosfat diperlukan agar tubuh tetap terhidrasi dan organ berfungsi dengan baik.

Untuk mengembalikan elektrolit, kamu minum sports drink rendah gula seperti Pocari Sweat atau susu rendah lemak. Menurut studi, magnesium memiliki peran penting dalam mengurangi gula darah. Biasanya penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi magnesium sebanyak 250-350 mg. 

Magnesium bisa kamu dapat melalui makanan antara lain pisang, ubi, dan kacang-kacangan. Atau bisa diperoleh dari suplemen magnesium yang lebih praktis. 

7. Perhatikan Jumlah Asupan Porsi

Porsi makanan merupakan faktor penting untuk menurunkan gula darah. Mengontrol porsi bisa membantu menurunkan berat badan dan menjaga lonjakan gula darah. 

Beberapa cara mudah untuk mengontrol porsi makan seperti belajar menghitung kalori, gunakan ukuran piring lebih kecil, dan makan lebih lambat, bisa membantu kamu menguasai diri. 

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut