get app
inews
Aa Read Next : Tim Galaxy Stars Bogor Raih Posisi Runner Up Event BCNY KU-8 di Cianjur

Kawanan Monyet Liar di Jembatan Citarum Lama Cianjur jadi Hiburan Warga 'Ngabuburit' Jelang Buka

Minggu, 26 Maret 2023 | 23:38 WIB
header img
Kawanan Monyet Liar di Jembatan Citarum Lama Cianjur jadi Hiburan Warga 'Ngabuburit' Jelang Buka. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

“Setiap bulan suci Ramadhan, tempat ini selalu ramai dikunjungi warga baik tua maupun muda juga anak-anak dari dua kabupaten, yakni Cianjur dan Bandung Barat, untuk ngabuburit,“ kata Sam Apip, Minggu, (26/3/23).

Menurut Sam Apip (60} yang merupakan salah seorang tokoh masyarakat Haurwangi, keberadaan monyet-monyet liar di hutan sekitar Jembatan Citarum lama, sudah ada sejak dulu dan menjadi tontonan warga Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat.

Menurutnya, warga sengaja datang ingin ngabuburit sambil menunggu adzan Maghrib. "Dulu monyet-monyet tersebut hanya bergelantung diatas.pohon tidak ada yang mendekat. Namun sejak tahun 2018 monyet-monyet tersebut mulai jinak karena banyak pengunjung mengasih makanan. Mungkin juga dihabitatnya sudah jarang ada makanan sehingga kawanan monyet mendekat ke manusia agar diberi makan," ungkap Sam Apip.

Sam Apip menuturkan, para pengunjung ngabuburit di Jembatan Citarum tiap sorenya cukup membeludak, hingga selalu diawasi pihak keamanan dari Polsek Bojongpicung, utamanya mengenai Kamtibmas, hingga dilarang nongkrong di atas jembatan terlalu banyak.


Jembatan Citarum Lama Cianjur jadi destinasi ngabuburit warga. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

 

"Nongkrong di atas jembatan dipersilahkan tapi jangan menutupi arus lalulintas, selain itu dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," pungkas Sam Apip.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut