get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Lapak Pedagang di Pasar Induk TU Kemang Kota Bogor Ludes Terbakar

DPR Kritik Pemasaran LPG Nonsubsidi Bright 3 Kg

Kamis, 27 Juli 2023 | 15:31 WIB
header img
DPR kritik pemerintah soal pemasaran gas nonsubsidi Bright 3 Kg. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, mengkritik pemerintah karena dianggap kurang perhatian terhadap kesulitan masyarakat dalam mendapatkan gas LPG 3 kg yang bersubsidi. Sebaliknya, Pemerintah justru merilis produk LPG 3 kg nonsubsidi dengan merek Bright yang lebih mahal.

Menurut Mulyanto, kebijakan tersebut akan membuat keterbatasan dan kesulitan dalam pengadaan dan distribusi gas LPG 3 kg bersubsidi semakin meningkat. Akibatnya, masyarakat terpaksa membeli LPG 3 kg nonsubsidi.

Mulyanto juga memperkirakan bahwa hadirnya LPG 3 kg nonsubsidi akan mendorong penyalahgunaan gas LPG 3 kg bersubsidi oleh pihak tertentu karena selisih harga jual yang besar.

"Pertamina saat ini menjual LPG 3 kg merek Bright seharga Rp56.000 di Jakarta dan Surabaya, yang jauh lebih mahal daripada gas melon 3 kilogram bersubsidi yang sekitar Rp20.000. Hal ini berpotensi menyebabkan penyalahgunaan dalam penggunaannya," kata Mulyanto dalam keterangan tertulis, Kamis (27/7/2923).

Ia menambahkan, selama ini aparat menemukan kasus pengoplosan gas melon bersubsidi ke dalam tabung 12 kilogram nonsubsidi sebagai salah satu bentuk penyalahgunaan. 

Dengan hadirnya LPG 3 kg nonsubsidi yang berukuran sama persis dengan gas melon bersubsidi, pengoplosan menjadi semakin mudah dan menguntungkan dengan marjin mencapai Rp 36.000 per tabung.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut