get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Ton Potensial Tak Terangkut, Ravindra Ajak Warga Terlibat Pilah dan Manfaatkan Sampah Organik

Aksi Bersih-Bersih Serentak World Cleanup Day Indonesia di 38 Provinsi, Terkumpul 65 Ton Sampah

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 13:51 WIB
header img
Aksi Bersih-Bersih Serentak World Cleanup Day Indonesia di 38 Provinsi, Terkumpul 65 Ton Sampah.(Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Momen peringatan  HUT Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia, dimanfaatkan World Cleanup Day Indonesia dengan melakukan aksi bersih-bersih serentak di 38 Provinsi di tanah air.

Aksi bersih bersih melibatkan para relawan dan content creators lokal di seluruh Indonesia, diantaranya Kalangsari Pride di Jawa Barat, Bumantara Team Sumatera Utara, Pahlawan Sampah Bengkulu, Putri Meltaa Sumatera Selatan, Cito.JLT juga Irene Suwandi di Jawa tengah dan Ohhohy dari Papua.

Aksi digelar selain sebagai edukasi juga menggugah kesadaran seluruh masyarakat Indonesia betapa pentingnya menjaga lingkungan utamanya isu persampahan. Meski usia kemerdekaan menginjak 78 tahun namun Indonesia belum sepenuhnya merdeka dari masalah sampah.


Tampak bocah ikut aktif dalam aksi bersih bersih lingkungan World Cleanup Day Indonesia di Ciamis Jawa Barat. (Foto : Istimewa)

 

Data Sistem Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) tahun 2022 mencatat jumlah timbunan sampah nasional mencapai 21,1 juta ton. Sementara hanya 13,9 juta ton yang hanya dapat terkelola dan 7,2 juta ton belum dapat terkelola dengan baik..

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut