get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Ton Potensial Tak Terangkut, Ravindra Ajak Warga Terlibat Pilah dan Manfaatkan Sampah Organik

Aksi Bersih-Bersih Serentak World Cleanup Day Indonesia di 38 Provinsi, Terkumpul 65 Ton Sampah

Sabtu, 19 Agustus 2023 | 13:51 WIB
header img
Aksi Bersih-Bersih Serentak World Cleanup Day Indonesia di 38 Provinsi, Terkumpul 65 Ton Sampah.(Foto : Istimewa)

Tentang World Clean Up Day Indonesia

World Cleanup Day (WCD) diinisiasi pertama kali oleh organisasi masyarakat di Estonia yang disebut Let's Do It pada tahun 2008. Pada tahun 2018 gerakan WCD dilakukan secara serentak di berbagai negara menjadi asal lahirnya World Cleanup Day sebagai aksi bersih-bersih secara serentak di seluruh Dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, ras dan membersihkan dunia dari permasalahan sampah.

World Cleanup Day Indonesia (WCD Indonesia) diperkenalkan oleh Let's Do It Indonesia yang merupakan organisasi di bawah jaringan Let's Do It World sejak tahun 2014 dan disupervisi oleh Greeneration Foundation & DFW Indonesia. Let's Do It World (LDIW) adalah bagian dari program resmi yang terakreditasi oleh UN Environment Programme dan mitra resmi dengan UN SDG Action Campaign.


Tumpukan sampah yang berhaail dikumpulkan dari aksi bersih bersih World Cleanup Day Indonesia di Bekasi. (Foto : Istimewa)

 

Di bulan Juli 2023 lalu, World Cleanup Day/WCD telah dianugerahi Penghargaan oleh United Nation SDG untuk Mobilisasi. Gerakan ini sebagai pengakuan penting atas dampak yang telah dilakukan secara masif untuk melestarikan lingkungan secara mengglobal. Momentum ini juga diselenggarakan di rangkaian acara seremonial UN SDG Action Awards di Roma.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut