Logo Network
Network

DPR Nilai Penurunan Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Sebagai Kebijakan yang Wajar

Muhammad Rio Alfin Pulungan
.
Kamis, 02 November 2023 | 14:44 WIB
DPR Nilai Penurunan Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Sebagai Kebijakan yang Wajar
Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto. (Foto: dpr.go.id)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, menganggap langkah Pertamina dalam menurunkan harga BBM nonsubsidi ketika harga minyak dunia mengalami tren penurunan sebagai tindakan yang sudah seharusnya.

Mulyanto berpendapat bahwa dalam mekanisme pasar, harga minyak nonsubsidi Pertamina seharusnya merespons perubahan harga minyak dunia.

Ia menyoroti langkah sebelumnya Pertamina yang telah menaikkan harga BBM nonsubsidi pada bulan September 2023 saat harga minyak dunia mengalami kenaikan signifikan. Ia menegaskan pentingnya konsistensi dalam mengikuti mekanisme pasar.

"Sehingga jangan terjadi kesan bahwa Pertamina cepat menaikkan harga BBM saat harga minyak dunia naik, tetapi enggan menurunkannya saat harga minyak dunia turun, seperti yang terjadi pada awal pandemi Covid-19," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (2/11/2023).

Politikus Partai Keadilan Sosial ini juga memperhatikan tren penurunan harga minyak dunia dalam beberapa waktu ke depan, terutama setelah PBB mengumumkan gencetan senjata di Timur-Tengah.

Harga minyak WTI, sebagai contoh, telah mengalami fluktuasi, mencapai puncaknya pada akhir September 2023 sebesar USD97 per barel, namun kini telah turun menuju USD80 per barel.

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini