get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Kisah Ibu Rumah Tangga yang Bangkit dari Pandemi dengan Kredit Usaha Rakyat 

Senin, 31 Januari 2022 | 13:13 WIB
header img
Bangkit dari pandemi dengan memanfaatkan kredit usaha rakyat dari BRI. Foto: Wildan

BOGOR -  Suryani (38), seorang ibu rumah tangga asal Kampung Sawah, Desa Cinangka Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor, di tengah masa Pandemi covid 19, justru bangkit dari ekonomi. Bahkan, Ia bisa membantu suaminya untuk menghidupi keluarganya. 

Suryani  merintis usahanya dari nol. Suryani mengatakan dirinya hanya bermodal nekad dan sedikit jaminan sertifikat tanah untuk mengajukan pinjaman ke bank BRI sebagai modal usaha "Untuk modal awal saya pinjam ke bank BRI Ciampea. Saat pengajuan, dulu saya diberi keringanan bunga dari bank  dan angsuran yang cukup minim dengan setoran kurang dari satu juta perbulan dan lunas pada awal Desember tahun 2021 lalu .

Awalnya Suryani hanya memiliki kios ukuran 3x 4  meter. Ia menjual berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti sembako, sayur mayur dan kebutuhan lainya . 

Untuk kredit usaha rakyat ( KUR), Suryani meminta izin pada suminya, mengajukan pinjaman ke bank BRI sebesar Rp15 juta. Uang tersebut dibelikan etalase, lemari pendingin dan produk lain untuk warungnya. 

" Modal awal dari bank saya gunakan untuk beli keperluan kios  dan setoran awal saat itu cukup ringan sehingga saya mampu bayar, " ujar Suryani, 

Menurut Suryani, bantuan modal usaha KUR sangat membantu usahanya, terlebih di masa pandemi, Saat orang sedang terpuruk, bank BRI justru memberikan modal 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut