get app
inews
Aa Read Next : BIN Bahas Deteksi Dini Ancaman Idul Fitri dan Pilkada 2024 dengan Komisi I DPR

Diskusi ISDS: Perempuan Jadi Pilar Penting dalam Dunia Intelijen

Kamis, 18 April 2024 | 19:03 WIB
header img
Webinar ISDS bertema "Ngeri Gak Sih...??? Perempuan dan Studi Intelijen di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Siapa pun bisa menjadi agen intelijen di Indonesia asalkan memiliki bakat yang sesuai. Hal ini diungkapkan oleh Pemerhati Intelijen Susaningtyas Kertopati Nefo Handayani dalam webinar ISDS bertema "Ngeri Gak Sih...??? Perempuan dan Studi Intelijen di Jakarta, Kamis (18/4/2024).

"Seseorang sekolah setinggi apapun kalau tidak punya bakat, tidak bisa menghayati ketika menjadi seorang intel," kata Susaningtyas.

Susaningtyas, yang juga Dosen Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dan Universitas Pertahanan (Unhan), menjelaskan bahwa kegiatan intelijen bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki bakat.

Dalam proses rekrutmen, Badan Intelijen Negara (BIN) bisa dengan mudah mendeteksi apakah calon agen memang memiliki bakat intelijen atau tidak.


Diskusi ISDS tentang Perempuan dan Studi Intelijen.

"Kalau rekrutmen intel gampang, kita kasih bunga mawar. Kalau jawabannya bunga berwarna merah, tangkai hijau, meski IQ tinggi, jangan terima," ujarnya.

Susaningtyas menambahkan, bagi calon pegawai yang bisa menjawab secara detail dan fokus terkait bunga mawar, mereka layak direkrut.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut