get app
inews
Aa Read Next : Anggota MPR: Dukungan Kemerdekaan untuk Palestina Harus Diperjuangkan Lebih Serius

Anggota DPR Minta Pemerintah Waspada Dampak Konflik Iran vs Israel Terhadap Ekonomi RI

Jum'at, 19 April 2024 | 22:09 WIB
header img
Anggota DPR RI, Amin Ak, menyoroti pentingnya langkah antisipasi pemerintah terhadap dampak ekonomi dari konflik Iran vs Israel.. Foto: dpr.go.id

“Melindungi (hedging) nilai tukar rupiah terhadap dolar AS perlu dilakukan agar cadangan devisa tidak tergerus,” kata Amin.

Ia juga menyoroti bahwa jika nilai tukar rupiah melemah dan harga minyak naik, anggaran subsidi atau kompensasi bisa meningkat. Kenaikan harga minyak dunia dapat memberatkan APBN karena subsidi energi akan membengkak.

Di sisi lain, pengurangan atau penghapusan subsidi energi dapat membebani masyarakat, dengan potensi efek berantai yang meningkatkan harga kebutuhan pokok.

Menghadapi situasi ini, Amin menyarankan pemerintah untuk membangun rantai pasok yang lebih resilien, termasuk memastikan pasokan pangan dan energi tetap berjalan lancar.

Investasi dalam sumber energi alternatif, rute baru, dan infrastruktur logistik dapat memperkuat rantai pasok global.

Wakil Rakyat dari Dapil JAtim IV (Kabupaten Jember dan Lumajang) tersebut juga mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai lonjakan inflasi yang dipicu oleh kenaikan harga energi, yang mungkin diikuti oleh kenaikan harga kebutuhan pokok.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut